Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Akan Buat Pasar Terapung di Setu Babakan

Kompas.com - 29/07/2015, 18:28 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan akan membangun floating market atau pasar terapung di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Belum lama ini saya bersama yang lain melakukan studi banding ke pasar apung Situ Lembang Bandung. Nah kita rencananya mau mengadopsi konsep itu untuk penataan PKL di Situ Babakan," ujar Kepala Bidang UKM, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan DKI, Sri Indrastuti ketika dihubungi, Rabu (29/7/2015).

Sri mengatakan penataan pedagang kaki lima (PKL) di Setu Babakan akan disamakan dengan Lenggang Jakarta. Pengelolaannya juga akan bekerja sama dengan pihak swasta.

Hal yang membedakan, konsep floating market tersebut terdapat dari lokasi berjualan. Seperti namanya, transaksi jual beli di pasar terapung akan dilakukan di atas perahu yang terapung.

Sri mengatakan dalam studi banding tersebut, mereka telah mengkaji dan mempelajari banyak hal mengenai konsep pasar terapung di Lembang.

Aspek kerja sama dengan pihak swasta yang dilakukan untuk mewujudkan pasar terapung di Lembang juga telah dilihat. Sehingga, Pemprov DKI tidak hanya belajar mengenai konsep pasar terapung tetapi juga konsep kerja sama yang dijalin.

Untuk saat ini, kata Sri, Pemprov DKI telah selesai melakukan tahap verifikasi terhadap PKL di Situ Babakan. Berdasarkan data yang mereka miliki, ada sekitar 415 pedagang yang terdaftar. "Kebanyakan mereka menjual kuliner khas Betawi," ujar Sri. ?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com