Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCJ Akan Operasikan Rangkaian KRL 12 Gerbong

Kompas.com - 05/08/2015, 10:56 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan segera mengoperasikan rangkaian kereta rel listrik (KRL) Commuter Line dengan formasi 12 gerbong kereta.

Rangkaian KRL dengan 12 kereta ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menambah kapasitas daya angkut KRL Commuter Line di relasi padat, seperti Bogor-Jakarta dan Bekasi-Jakarta.

Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhilla mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk pengoperasian rangkaian KRL dengan 12 kereta. Salah satunya adalah dengan memperpanjang peron pada stasiun-stasiun yang berada di lintas Bogor dan Bekasi.

"Perpanjangan peron tersebut direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2015," kata Fadhilla melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/8/2015).

Selain itu, lanjut Fadhilla, pada hari ini, PT KCJ kembali mendatangkan 24 unit KRL dari Jepang. Kereta-kereta inilah yang nantinya akan digunakan untuk operasional rangkaian KRL dengan 12 kereta.

Menurut Fadhila, 24 unit KRL yang datang pada hari ini merupakan pengadaan KRL tahap kedua dari program pengadaan pada tahun 2015 yang seluruhnya berjumlah 120 unit.

"Sebanyak 24 unit KRL yang akan dipersiapkan untuk rangkaian dengan 12 kereta tersebut akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok hari ini pada sekitar pukul 12.00," ujar dia.

Selama ini, rangkaian KRL yang beroperasi terdiri dari delapan atau 10 kereta. Rangkaian KRL dengan 10 kereta banyak beroperasi di relasi Bogor-Jakarta dan Bekasi-Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com