Rencana Ahok untuk Pasar Gembrong - Kompas.com

Rencana Ahok untuk Pasar Gembrong

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 06/08/2015, 11:37 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Pasar Gembrong di Jatinegara, Jakarta Timur yang terbakar. Rabu (5/8/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana merevitalisasi Pasar Gembrong. Mengenai tempat korban kebakaran, dia menyerahkan kepada mereka masing-masing.

Basuki berencana membangun pasar yang menjual berbagai mainan itu menjadi lebih besar. Sebab, kata dia, desain awal pembangunan Pasar Gembrong sudah salah.

Pasar Gembrong, selama ini, tidak bisa menampung penjual karpet. Hal itu mengakibatkan mereka berjualan di pinggir jalan. Dampaknya, terjadi kemacetan panjang di kawasan tersebut.

"Di dalam pasar itu, tadinya pedagang karpet tidak bisa masuk, nah makanya ini perlu didesain ulang, di mana pasarnya bisa masukin (pedagang) karpet sekalian," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/8/2015). 

Mengenai tempat tinggal para korban kebakaran, Basuki tidak bisa memastikan akan ditempatkan ke mana. Menurut dia, warga dapat mengatur lokasi relokasi sementara mana yang akan ditempati. 

"Namanya juga bencana, dia bisa ngatur sendirilah. Dipindahin sementara," kata Basuki.

Sebelumnya diberitakan, permukiman di belakang Pasar Gembrong mengalami kebakaran pada Selasa malam. Api membakar hebat permukiman tersebut sejak pukul 20.00 sampai pukul 23.30.

Kebakaran menghanguskan sekitar 25 bangunan semi-permanen. Penyebab kebakaran masih simpang siur, tetapi diduga kuat dari sampah yang dibakar di kolong jembatan.

PenulisKurnia Sari Aziza
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM