Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Akan Gelar "Fit and Proper" Test Calon Dubes

Kompas.com - 08/08/2015, 16:51 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan bahwa DPR akan melakukan fit and proper test bagi 33 calon duta besar. Menurut dia, penetapan nama-nama calon duta besar diperkirakan sudah bisa ditentukan dalam masa sidang DPR yang akan datang.

"Saya kira itu sudah diterima di masa sidang yang lalu, nanti akan kita bahas pada masa sidang yang akan dimulai pada 14 Agustus 2015. Masa sidang yang akan datang akan jadi masa sidang yang sangat panjang, sampai 30 Oktober 2015," ujar Fadli, saat ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8/2015).

Fadli mengatakan, penentuan mengenai uji kelayakan akan bergantung pada proses pembahasan di Komisi I DPR. Pimpinan DPR sudah menyerahkan nama-nama calon ke Komisi I DPR agar uji kelayakan digelar pada masa sidang berikutnya.

Di media sosial beredar sejumlah nama yang akan dicalonkan sebagai duta besar. Beberapa di antaranya adalah mantan Sekjen PDI-P Alexander Litaay, pelukis Astrari Rasyid, dan politisi Partai Persatuan Pembangunan Husnan Fanani.

Saat ditanya tentang nama-nama itu, Fadli menyatakan belum bisa memastikan apakah nama-nama itu seperti yang diusulkan Pemerintah.

"Saya tidak tahu yang di sosial media seperti apa. Nanti kita lihat, saya sendiri juga sudah lihat usulan resminya," kata Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com