Bangka Jadi Nomor Satu di Qlue, Bagaimana dengan Kelurahan Lainnya di Jaksel? - Kompas.com

Bangka Jadi Nomor Satu di Qlue, Bagaimana dengan Kelurahan Lainnya di Jaksel?

Unoviana Kartika
Kompas.com - 21/08/2015, 22:03 WIB
Kompas.com/Unoviana Kartika Kondisi Jalan Kemang Selatan I, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menjadi kecamatan yang memiliki poin tertinggi dalam aplikasi Qlue. Wali Kota Jakarta Selatan pun mengapresiasi kerja Lurah Bangka Deddy Suhanda yang telah bekerja dengan baik.

"Wali Kota cukup berbangga hati Kelurahan Bangka bisa mendapat Qlue Award dari Gubernur," kata Tri Kurniadi di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Di sisi lain, ada juga kelurahan di Jakarta Selatan yang mendapat poin buruk di aplikasi yang tersambung dengan program Jakarta Smart City itu. (Baca: Miliki Poin Paling Tinggi di Qlue, Bagaimana Kondisi Kelurahan Bangka?)

Kelurahan itu adalah Lebak Bulus, Lenteng Agung, Ciganjur, dan Menteng Atas. Poin yang dikumpulkan oleh keluarahan-kelurahan tersebut bahkan mencapai angka minus.

Lebak Bulus mendapatkan nilai -35, Lenteng Agung -33, Ciganjur -21, dan Menteng Atas -11. Menurut aplikasi Qlue, keluhan yang kerap muncul di kelurahan-kelurahan itu yakni lampu jalan, sampah, parkir liar, pedagang kaki lima, trotoar, angkot ngetem, sampah di saluran air, penumpukan sampah, dan jalan rusak.

Menurut Tri, hal itu terjadi karena belum semua lurah memahami dan rajin membuka aplikasi Qlue. Alhasil mereka terkesan gagap teknologi (gaptek).

"Tetapi mungkin memang ada yang masih gaptek. Kelemahan mungkin masih ada yang gaptek, kalau ada yang belum bisa diajarin," kata Tri.

Ia pun mengaku sudah memerintahkan Lurah dan Camat untuk membuat grup di aplikasi chat guna sama-sama belajar merespons pengaduan masyarakat dari Qlue.

Menurut Tri, mengusai aplikasi Qlue sangatlah penting karena di sana terdapat pengaduan-pengaduan yang datang langsung dari warga.

"Ini untuk berkomunikasi, pengaduan masyarakat menjadi lebih gampang. Bermanfaat sekali Hukumnya harus dan wajib main di Qlue," ujar Tri.

PenulisUnoviana Kartika
EditorDesy Afrianti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM