Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Metro: Kalau Kendaraan Tak Bagus, Sistem Kir Harus Diperbaiki

Kompas.com - 17/09/2015, 13:14 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bus kopaja jurusan Kampung Melayu-Ragunan menabrak sepeda motor hingga mengakibatkan pasangan suami istri Gunawan (43) dan Lilis (36) tewas di Warung Buncit, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Dari kecelakaan tersebut, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan akan mengevaluasi bersama mengenai sistem transportasi umum di Ibu Kota.

"Nanti kita akan evaluasi bersama orang-orang kompeten dengan transportasi umum, misalnya Kemenhub, Dishub," kata Tito di Jakarta, Kamis. (Baca: Sopir Kopaja yang Tewaskan Suami-Istri di Buncit Jadi Tersangka)

Tito menambahkan, faktor terjadinya kecelakaan dapat disebabkan banyak hal, mulai dari faktor alam, cuaca, human error, dan kendaraan itu sendiri.

"Kita lihat penyebabnya apa, kalau kendaraan tidak bagus, remnya blong, sistem kir harus diperbaiki," kata Tito.

Namun, jika memang kecelakaan tersebut disebabkan faktor kelalaian manusia, misalnya rem kendaraan tersebut terganjal botol mineral, itu harus ditingkatkan ke ranah hukum. "Momentum ini bisa menjadi evaluasi penanggung jawab bersama," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com