Ini Penyebab Pemberlakuan Sistem Searah di Jalan Menteng Pulo 2 dan Jalan Pendawa - Kompas.com

Ini Penyebab Pemberlakuan Sistem Searah di Jalan Menteng Pulo 2 dan Jalan Pendawa

Robertus Belarminus
Kompas.com - 22/09/2015, 20:52 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Petugas memasang rambu di pengaturan sistem satu arah terbatas di Jalan Pendawa dan Jalan Menteng Pulo 2 di Tebet,Jakarta Selatan Selasa (22/9/2015)
JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem satu arah (SSA) di Jalan Menteng Pulo 2 dan Jalan Pendawa, di Tebet, Jakarta Selatan, diberlakukan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI serta kepolisian. Kebijakan ini dibuat lantaran adanya aduan dari warga melalui aplikasi "Qlue".

Kepala Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan, Priyanto mengatakan bahwa warga yang mengadu melalui Qlue itu meminta agar diberikan pengaturan lalu lintas pada dua jalur itu.

"Ini tindak lanjut dari laporan dari warga dari Kelurahan Menteng Dalam sini, yang sehari-hari lewat Jalan Pendawa dan Meteng Pulo 2, itu selalu macet. Makanya dia mengusulkan melalui Qlue dan ini sampai ke Pak Gubernur, untuk dilakukan pengaturan lalu lintas," kata Priyanto, di Jalan Pendawa, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (22/9/2015).

Priyanto mengatakan, pihaknya lalu melakukan rapat sampai ke tingkat Wali Kota Jakarta Selatan. Akhirnya, diputuskan pengaturan lalu lintas yang tepat di dua jalur yang menyebabkan macet di Jalan Casablanca dan Jalan Menteng Pulo Raya yakni dengan sistem satu arah (SSA).

Jalan Menteng Pulo 2 dibuat sebagai jalur masuk pengendara dari Jalan Casablanca ke Jalan Menteng Pulo Raya. Sebaliknya, pengendara dari Jalan Menteng Pulo Raya keluar melalui Jalan Pendawa. Namun, kebijakan sistem satu arah ini dibuat terbatas, hanya pada hari kerja yakni mulai pukul 16.00 sampai pukul 20.00. Kebijakan ini tidak berlaku di hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional.

Selain itu, petugas juga menutup empat titik putaran balik di Jalan Dr. Saharjo. Sebagai gantinya, petugas hanya membuat satu putaran balik dekat Jalan Minangkabau. Hal ini juga untuk mengatasi masalah macet dari Manggarai arah Pancoran atau sebaliknya.

PenulisRobertus Belarminus
EditorHindra Liauw
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM