Kendaraan Pribadi Dibiarkan Terobos "Busway" di Ragunan - Kompas.com

Kendaraan Pribadi Dibiarkan Terobos "Busway" di Ragunan

Alsadad Rudi
Kompas.com - 16/11/2015, 10:18 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Sejumlah pengguna sepeda motor menerobos busway di perempatan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2015). Polisi yang bertugas di titik itu membiarkan kendaraan pribadi melewai jalur yang seharusnya steril itu.
JAKARTA, KOMPAS.com - Penerobosan lajur khusus bus transjakarta atau busway masih sering terjadi.

Untuk meminimalkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meninggikan pembatas antara busway dan lajur reguler alias separator.

Namun tingginya separator itu tetap tidak membuat steril jalur bus transjakarta. Seperti yang terjadi di perempatan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2015).

Pantauan Kompas. com, polisi yang bertugas di titik tersebut justru membiarkan kendaraan pribadi menggunakan busway untuk bus transjakarta koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) itu.

Saat itu memang jalur reguler memang sedang macet.

Akibatnya, busway menjadi tidak steril. Laju bus transjakarta terhambat karena banyak sepeda motor dan mobil pribadi menggunakan jalurnya.

Aksi kendaraan pribadi itu akhirnya dihentikan petugas transjakarta yang berjaga beberapa ratus meter dari perempatan Ragunan.

Para petugas menghalau kendara-kendaraan itu agar keluar dari busway. Kendaraan pribadi terpaksa kembali ke jalur reguler.

Busway koridor VI termasuk jalur yang separatornya telah ditinggikan. Separator itu berupa beton MCB (moveable concrete barrier).

PenulisAlsadad Rudi
EditorKistyarini
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM