Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesimpulan Ahok, BPK Tak Ingin Dia Jadi Gubernur

Kompas.com - 24/11/2015, 10:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengambil kesimpulan atas pemeriksaan BPK terkait pembelian lahan RS Sumber Waras.

"Jadi, mereka ya, kalau saya lihat itu tendensiusnya memang pengin saya tidak jadi gubernur. Kalau saya menuduhnya begitu," kata Basuki di Balai Kota, Selasa (24/11/2015).

Meski begitu, dia mengaku memilih tetap kooperatif selama menjalani pemeriksaan. Sebab, jika tidak, dia bisa dipidana dan dipecat dari jabatan gubernur. 

"Kalau saya menolak diperiksa, BPK akan menafsirkan saya tidak kooperatif dan dia bisa pidanakan saya lho. Kalau dipidana, DPRD akan memecat saya dari gubernur," kata Basuki lagi.

Jika kemarin Basuki mengaku sistem penganggaran Pemprov DKI buruk dalam pembelian lahan RS Sumber Waras, kini Basuki kembali mengklaim pembelian lahan RS Sumber Waras sesuai dengan prosedur.

Dia menuding BPK mencari-cari kelemahannya.

"Dia (auditor BPK) tahu Ahok (Basuki) kan orangnya emosional, kalau digituin pasti ngamuk-ngamuk, pasti di dalem (saat pemeriksaan) marah-marah, keluar kata-kata toilet, langsung dinilai tidak kooperatif. Dia enggak tahu, aku sudah belajar sekarang," kata Basuki. 

Basuki mengaku saat ini dirinya tidak bisa dijebak karena telah belajar dari pengalaman sebelumnya.

Saat hendak marah-marah, dia masuk ke toilet sehingga tidak dilampiaskan ke orang lagi.

Dia kemudian menantang BPK untuk memublikasikan pemeriksaan kemarin ke publik.

"Enggak usah (publikasi) jawaban saya deh, pertanyaannya apa saja. Saya kan bersedia dibuka nih, divideoin. Mereka ada dua kamera video, rekam di dalam, berani enggak buka? Enggak berani," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com