Lebih Waspadalah di Pelintasan Sebidang - Kompas.com

Lebih Waspadalah di Pelintasan Sebidang

Kompas.com - 12/12/2015, 20:53 WIB
KOMPAS/RADITYA HELABUMI Kampanye keamanan pelintasan sebidang kereta api dilakukan anggota Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) di pelintasan Jalan Madiun, Menteng, Jakarta Pusat.
JAKARTA, KOMPAS - Akhir pekan lalu, kecelakaan tragis yang melibatkan angkutan umum metromini dan kereta rel listrik terjadi di pelintasan sebidang Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat. Peristiwa tersebut merenggut nyawa 18 orang.

Sebelumnya, pada akhir November, bus transjakarta terlibat kecelakaan di pelintasan Green Garden, Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Sering kali kecelakaan disebabkan kecerobohan para pengguna jalan yang memaksa menerobos pelintasan kereta api.

Jumlah pelintasan sebidang di Jakarta dan sekitarnya mencapai 533.

Dari jumlah tersebut, 158 pelintasan dijaga petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), 35 pelintasan dijaga pihak luar, 106 pelintasan tidak dijaga, 186 pelintasan liar, dan masih terdapat 48 pelintasan sebidang yang tetap dibuka meski sudah ada jalan layang ataupun terowongan di sampingnya.

Pada 2016, akan dibangun lagi jalan layang di sejumlah pelintasan sebidang di Jakarta untuk mengurangi kecelakaan.

Namun, upaya perbaikan infrastruktur tersebut tidak akan maksimal untuk menekan jumlah kecelakaan jika tingkat kepatuhan pengguna jalan lain, seperti pengendara sepeda motor dan pengemudi angkutan umum, masih rendah.

Perilaku menerobos pelintasan, meski tanda kereta segera melintas sudah dibunyikan, sudah saatnya dibuang jauh-jauh. (RAD)

-----

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Desember 2015, di halaman 26 dengan judul "Lebih Waspadalah di Pelintasan Sebidang".

EditorKistyarini
Komentar

Close Ads X