Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Penyandang Disabilitas Senang Dilayani Bus Sekolah

Kompas.com - 02/02/2016, 14:01 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin, Cawang, Jakarta Timur, nampak ceria saat menjajal layanan bis sekolah yang bakal menjadi sarana antar-jemput mereka.

Hari ini, Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, meluncurkan program layanan bus sekolah bagi siswa penyandang disabilitas.

Salah satu siswa, Lia (8), mengaku senang dengan layanan bus sekolah ini. Lia mengungkapkan, mobil yang melayani antar-jemput sudah penuh.

"Senang, karena ada AC-nya. Kalau naik mobil biasa gerah, enggak ada AC," ujar Lia, di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (2/2/2016).

Ia mengatakan, kalau tidak naik jemputan, ia biasa diantar kakeknya kalau sedang terlambat dengan menggunakan sepeda motor.

Lia berharap, dengan adanya layanan antar-jemput ini bisa membuatnya nyaman berangkat ke sekolah.

Sama halnya dengan Lia, Kayla (8), juga mengaku senang. Siswi SD SLB 7 Negeri Cipinang itu mengaku, kondisi bus sekolah ini lebih nyaman.

"Adem, ada AC-nya," ujar Kayla.

Kepala UPAS Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Mohammad Insaf mengatakan, jajarannya menyediakan pengemudi yang telah diarahkan untuk lebih memperhatikan layanan.

Layanan mulai dari siswa masuk, duduk, sampai turun bus akan jadi perhatian pengemudi bus sekolah. Pengemudi pun akan diminta lebih sabar saat menaikkan dan menurunkan siswa.

Sementara ini, dirinya memandang tak perlu tenaga tambahan yang membantu siswa disabilitas menjaga di dalam bus. Menurutnya, dengan pengemudi saja sudah cukup.

"Cukup dengan pengemudi saja karena biasanya nanti pas mau turun itu sudah disambut sama pihak sekolahnya. Nanti kita kordinasikan ke pihak sekolah," ujar Insaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com