Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI: Belum Ada Pengembang yang Akan Tata Kawasan Luar Batang

Kompas.com - 11/04/2016, 18:47 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Asisten Sekda Bidang Pembangunan (Asbang) DKI Jakarta Gamal Sinurat mengatakan, belum ada pengembang yang akan menata kawasan Luar Batang, Jakarta Utara. Senin (11/4/2016) pagi tadi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membongkar kawasan Pasar Ikan, Luar Batang.

"Belum (ada pengembang). Nanti kami lihat dulu desainnya seperti apa," kata Gamal kepada Kompas.com di Balai Kota.

Pernyataan Gamal ini sekaligus menjawab gambar masterplan yang beredar di media sosial. Pada masterplan itu, penataan kawasan Luar Batang disebut akan dikerjakan oleh PT Agung Podomoro Land Tbk dan Bina Karya Group.

social media Rancangan induk Pluit Sea View Agung Podomoro Group dan Binakarya Propertindo.

Di sekelilingnya akan dibangun Apartemen Pluit Sea View oleh Bina Karya Group dan apartemen oleh Agung Podomoro.

"Gambar itu bukan rencana tata ruang pada kawasan tersebut. Saya tidak tahu itu gambar apa," kata Gamal. (Baca: Agung Podomoro Bantah Punya Proyek di Pasar Ikan dan Luar Batang)

Gamal mengatakan, kawasan Luar Batang akan ditata menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka biru (RTB). Hanya saja, desainnya belum final. Hingga kini, kata dia, belum ada petunjuk penggunaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) atau kewajiban pengembang pada pembangunan RTH tersebut.

"Kalau regulasi pemanfaatan ruangnya sudah ada, antara lain untuk ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru," kata Gamal.

Kompas TV Intelejen & Aparat Awasi Warga
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com