Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Perbaikan Layanan Bus Damri

Kompas.com - 02/06/2016, 08:17 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum (Perum) Damri terus berbenah. Sebagai perusahaan angkutan umum bus plat merah, Damri melakukan beberapa pembenahan, terutama pelayanan kepada penumpang.

Direktur Keselamatan dan Pelayan Perum Damri Gede Pasek Suardika, perbaikan pelayanan dilakukan agar bisa berkontribusi dalam menyiasati kemacetan karena penggunaan kendaraan pribadi.

"Damri berbenah untuk peningkatan pelayanan. Oleh karena itu kami yakini, kalau kami bisa tingkatkan pelayanan, banyak orang naik bus, mudah-mudahan bisa berkontribusi mengurangi kemacetan karena kendaraan pribadi," kata Gede di kantor Perum Damri, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Berikut 8 perbaikan layanan Perum Damri:

1. Contact center

Perusahaan Umum (Perum) Damri meluncurkan contact center untuk pelayanan penumpang. Contact center itu dinamakan "Hello Damri" dengan nomor 1500825.

Plt Direktur Utama Perum Damri Sarmadi Usman mengungkapkan contact center merupakan jawaban terhadap kebutuhan tanggapan yang cepat atas keluhan, kritik, saran mau pun pertanyaan.

Pelayanan dari contact center Halo Damri ini akan mengakomodir beberapa hal, antara lain mencari layanan bus Damri rute mana pun, keluhan, kritik, ide dan saran perbaikan Perum Damri.

Perum Damri memastikan contact center ini tidak dibebani biaya percakapan. Saat ini operasional contact center baru dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Ke depan, operasional contact center akan dilakukan 24 jam.

2. Reservasi tiket "online"

Pembelian tiket bus Damri kini bisa secara "online". Kemudahan layanan ini diterapkan Perum Damri bekerjasama dengan PT KVS. Sistem pembelian tiket akan melalui situs www.damri.ayobis.com.

Pelanggan akan disajikan menu keberangkatan di dalam situs. Pelanggan tinggal memilih titik keberangkatan dan tujuan. Setelah itu melakukan pembayaran via ATM dan menukarkan dengan tiket ke agen Damri.

3. Perbaikan layanan di bandara

Keberadaaan bus Damri sebagai angkutan umum di Bandara Internasional Soekarno Hatta memiliki manfaat besar bagi penumpang pesawat. Salah satunya juga berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan di jalan menuju bandara karena angkutan pribadi.

Saat ini pelayanan Damri di Bandara Soetta selama 23 jam dengan 25 trayek. Beberapa perbaikan pun digalakkan Damri untuk pelayanan angkutan ke bandara. Salah satunya optimalisasi pelayanan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com