Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayahnya Peringkat Terendah di Qlue, Ini Kata Lurah Pejagalan

Kompas.com - 02/06/2016, 18:46 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi laporan warga atau yang biasa dikenal dengan Qlue telah menampilkan ranking kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk periode Maret-Mei 2016.

Dari laporan yang telah dikeluarkan pada 1 Juni 2016, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, berada di peringkat terendah dengan jumlah 44 poin.

Lurah Pejagalan, Maskur, saat ditemui Kompas.com di kantornya, Kamis (2/6/2016), mengatakan bahwa peringkat paling rendah yang didapat kelurahannya karena banyaknya aduan yang tidak sesuai dengan kewenangan kelurahan.

(Baca juga: Jadi Terbaik di Qlue, Begini Cara Kerja Lurah Galur Respons Aduan)

Maskur mencontohkan parkir liar truk berukuran besar di sekitar Kelurahan Pejagalan. Menurut dia, penindakan terhadap parkir liar tersebut bukan kewenangannya, tetapi kewenangan Dinas Perhubungan.

Begitu juga dengan aduan lampu merah yang mati, pedagang di trotoar, parkir liar, jalan rusak, yang juga menurutnya bukan kewenangan pihak kelurahan.

"Kendalanya ya begini saja, itu ada keluhan yang sebenarnya bukan kewenangan saya, kewenangan lurah. Ada PLN, PU, Tata Air, ada Dishub yang tidak bisa langsung dikerjakan. Saya sudah koordinasikan ke Dishub. Begitu juga soal jalan yang rusak kami juga sudah sampaikan ke Bina Marga, jadi meski bukan kewenangan kami, tetapi kami koordinasikan kepada yang bertanggung jawab," ujar Maskur.

Kendati demikian, menurut dia, ada juga beberapa aduan yang bisa langsung diselesaikan oleh pihak kelurahan, seperti sampah yang menumpuk, serta aliran air yang tersumbat.

(Baca juga: Wilayahnya Peringkat Tiga Terbawah Qlue, Lurah Pinangsia Mengaku Telah Dorong RT/RW Aktif)

"Gini Pak, yang jadi kewenangan seperti sampah yang ada petugasnya, kalau misalnya parkiran damtruk kan kelurahan enggak bisa, mesti ditilang, kan Dishub. Kalau 1-10 (keluhan) itu kewenangan lurah, tapi kalau sampai 60 atau 100 kita enggak kuat Pak, karena semua punya kewenangan yang harus dikoordinasikan," tutur Maskur.

Dari data yang dikeluarkan di sistem Qlue, Kelurahan Pejagalan berada di urutan paling buncit dengan nilai 44 poin.

Ada 428 laporan warga yang telah diselesaikan, 378 laporan yang masih dikerjakan, dan 636 laporan yang tidak ditindaklanjuti kelurahan tersebut.

Kompas TV Ayo Lapor Perokok "Bandel" lewat Qlue!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com