Logo HUT Ke-489 DKI Dianggap Mirip Logo "Teman Ahok" - Kompas.com

Logo HUT Ke-489 DKI Dianggap Mirip Logo "Teman Ahok"

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 22/06/2016, 14:14 WIB
Istimewa Logo Teman Ahok dan logo HUT ke-489 DKI Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com
— Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif menuding logo HUT ke-489 DKI Jakarta mirip seperti logo kelompok relawan pendukung Basuki Tjahaja Purnama "Teman Ahok".

Ia pun mendesak dilakukan investigasi mengenai pihak mana yang membuat desain logo tersebut.

"Saya menyesalkan logo HUT ini ada pesan kampanye terselubung, karena mirip dengan logo Teman Ahok. Tahun lalu juga HUT Kota Jakarta logonya naga merah," kata Syarif kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Menurut Syarif, ada kesamaan dalam logo HUT ke-489 DKI Jakarta dan logo Teman Ahok. Terlihat ada ikon dua orang dengan salah satu tangannya mengarah ke atas.

Bedanya, ada lambang emas Monas pada logo HUT ke-489 DKI Jakarta. Syarif mengaku bingung kenapa panitia HUT DKI membuat logo yang menimbulkan kotroversi.

"Banyak komplain masyarakat ditujukan kepada saya, dikira DPRD yang buat, katanya kok logo HUT DKI mirip dengan logo Teman Ahok? Awalnya saya enggak tanggapi, setelah saya cermati dan teliti ada benarnya, ternyata ada kemiripan grafis," kata Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta tersebut.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia HUT ke-489 DKI Jakarta Gamal Sinurat membantah bahwa logo tersebut dibuat menyerupai logo Teman Ahok. Logo tersebut dibuat seperti tema HUT ke-489 DKI Jakarta, yakni "Jakarta Bersih, Maju, dan Melayani".

"Filosofi logo ini mengartikan Jakarta yang dibangun dengan gotong royong dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Kemudian, Jakarta yang maju dan melayani warga semaksimal mungkin," kata Gamal.

Kompas TV Harapan Warga di Ultah Jakarta ke-489

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKurnia Sari Aziza
EditorIndra Akuntono
Komentar