Tepung Terigu, Gula, dan Daging Sapi Jadi Buruan Masyarakat Saat Operasi Pasar - Kompas.com

Tepung Terigu, Gula, dan Daging Sapi Jadi Buruan Masyarakat Saat Operasi Pasar

David Oliver Purba
Kompas.com - 01/07/2016, 22:32 WIB
Nursita Sari Operasi Pasar di Pasar Glodok, Jakarta Barat, Rabu (8/6/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya menggelar operasi pasar murah. Dalam operasi pasar yang sudah dimulai sejak 4 Juni 2016 ini, sejumlah bahan pokok cukup banyak diburu masyarakat, khususnya jelang Lebaran.

Kepala Humas PD Pasar Jaya, Gatra Vaganza mengatakan, tiga bahan pokok yang paling diburu masyarakat yakni tepung terigu, gula, dan daging sapi. Gatra mengatakan, tiga komoditi itu paling banyak terjual karena merupakan bahan kebutuhan yang paling dicari jelang Lebaran.

"Sejauh ini paling banyak tepung terigu, gula daging. Itu karena tepung sama gula mau buat kebutuhan kue, naik mungkin karena itu. Kami suprise juga ternyata (paling banyak terjual) tepung dan gula," ujar Gatra saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/7/2016).

Sayang, Gatra tidak tahu persis total keselurahan penjualan ketiga barang itu. Namun, sejak dibukanya operasi pasar murah pada 4 Juni lalu, jumlah penjualan hingga Jumat sore ini mencapai Rp 8 miliar.

Untuk menjaga stock barang, sejumlah barang termasuk tiga komiditi utama yang diincar oleh masyarakat telah disiapkan PD Pasar Jaya. Di awal pembukaan operasi pasar, PD Pasar Jaya menyiapkan sebanyak 100.000 kg daging sapi, 150.000 bungkus tepung terigu, dan 1 juta kg gula. Untuk pasokan daging, PD Pasar Jaya bekerjasama dengan PD Dharma Jaya dan Foot Station Tjipinang Jaya.

"Kalau untuk menambah pasokan mungkin tidak, karena ini operasi pasar berlangsung 1,5 bulan, kami akui masih ada data yang kurang. Tapi masyarakat sejauh ini juga belum mendapatkan informasi yang jelas. Mereka hanya tahunya kalau operasi pasar itu dilakukan di hari tertentu saja. Ini operasi pasar yang pertama kali kami lakukan sebesar ini," ujar Gatra.

Operasi pasar ini dibuka dari 4 Juni - 17 Juli 2016. Dari Senin hingga Minggu pukul 07.00 - 13.00 WIB.

Ada 20 titik pasar murah yang dibuka di pasar milik PD Pasar Jaya lainnya di DKI, yakni:

1.Pasar Gondangdia

2.Pasar Palmerah

3.Pasar Johar Baru

4.Pasar Tomang Barat

5.Pasar Grogol

6.Pasar Pos Pengumben

7.Pasar Mayestik

8.Pasar Pondok Labu

9.Pasar Lenteng Agung

10.Pasar Minggu

11.Pasar Jatinegara

12.Pasar Perumnas Klender

13.Pasar Kramatjati

14 Pasar Cibubur

15 Pasar Cijantung

16.Pasar Sunter

17.Pasar Rawa Badak

18.Pasar Kelapa Gading

19.Pasar Pademangan Timur

20.Pasar Glodok

Selain 20 pasar tersebut, pemerintah juga membuka 127 pasar lainnya untuk operasi pasar murah yang dibuka dari Jumat hingga Minggu.

PenulisDavid Oliver Purba
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM