Tanggapi Survei SMRC, Sjafrie Sjamsoeddin Hanya Fokus Sosialisasi ke Warga - Kompas.com

Tanggapi Survei SMRC, Sjafrie Sjamsoeddin Hanya Fokus Sosialisasi ke Warga

David Oliver Purba
Kompas.com - 22/07/2016, 16:46 WIB
Kompas.com/David Oliver Purba Sjafrie Sjamsoeddin didampingi M Taufik melanjutkan safari politiknya ke Masjid Kramat Al Mukkaromah Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Menteri Pertahanan yang berniat maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta, Sjafrie Sjamsoeddin enggan berkomentar banyak soal hasil survei Saiful Mujani Research Center ( SMRC).

Dalam survei SMRC, Sjafrie berada di urutan tiga jika dibandingkan dengan dua nama lainnya yang kandidat calon yang ikut penjaringan Partai Gerindra, Yusril Ihza Mahendra dan Sandiaga Uno.

Sjafrie mengaku tidak terlalu memahami hasil survei itu. Saat ini dirinya hanya fokus untuk bersosialisasi dengan warga DKI melalui safari politik yang tengah dilakukannya.

"Saya fokusnya berinteraksi dengan masyarakat agar mendapat kepercayaan. Jadi soal penilaian ( SMRC) saya tidak mendalami, lebih baik fokus saja mendengarkan masukan dari masyarakat," ujar Sjafrie saat menyambangi Masjid Keramat Al Mukarommah, Kampung Bandan, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2016).

Sjafrie mengatakan, untuk memahami seluruh aktivitas politik di DKI Jakarta, dirinya didampingi oleh Partai Gerindra khususnya Ketua DPD Gerindra, M Taufik. Menurut Sjafrie, Taufik cukup sering memberikan saran dan pendampingan politik untuk lebih memahami persaingan politik di DKI khususnya jelang Pilkada DKI 2017.

"Saya aktif untuk berinteraksi, tapi saya pasif dalam merespon. Karena saya awam mereka memberikan pendampingan proses politik," ujar Sjafrie. (Baca: "Menarik, Sjafrie, Yusril, dan Sandiaga Belum Cagub Definitif tapi Masuk Top of Mind")

Sjafrie mengatakan dirinya saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti seluruh proses politik di DKI. Saat disinggung apakah dirinya pernah bertemu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk membicarakan Pilkada DKI, Sjafrie mengaku belum pernah bertemu dengan Prabowo.

Dari hasil survei SMRC untuk mengukur elektabilitas tokoh-tokoh yang berencana maju pada Pilkada DKI 2017, nama Sjafrie Sjamsoeddin berada diurutan ketiga dengan persentase 0,6 persen jika dibandingkan dengan nama kandidat bakal calon gubernur yang masuk dalam penjaringan Gerindra yaitu Yusril Ihza Mahendra dan Sandiaga Uno.

Sedangkan Yusril di urutan pertama dengan persentase 2,8 persen, diikuti Sandiaga di urutan kedua dengan persentase pemilih sebesar 2,1 persen. Begitu juga saat simulasi semi terbuka, nama Yusril tetap memimpin dengan jumlah pemilih sebanyak 10,4 persen, diikuti Sandiaga sebesar 5,1 persen dan Sjafrie sebesar 1,3 persen. (Baca: Safari Politik Pertama Sjafrie Sjamsoeddin dan Keyakinan Gerindra)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDavid Oliver Purba
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X