Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bamus Betawi Desak Parpol Akomodasi Tokoh Betawi pada Pilkada 2017

Kompas.com - 14/08/2016, 17:03 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi berencana untuk mengundang pengurus sejumlah partai politik (parpol) dalam waktu dekat. Tujuannya mendesak parpol-parpol itu mengakomodasi tokoh Betawi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Ketua Bamus Betawi, Zainuddin, mengatakan, selain merupakan penduduk asli Jakarta, populasi suku Betawi saat ini mencapai 27,6 persen, atau sekitar 3 juta jiwa.

"Penduduk asli harusnya dihormati. Kalau ente ketua-ketua partai tidak menghargai lagi potensi Betawi, rasanya Betawi bisa menghitung ulang dukungannya pada partai politik," kata dia saat memberi kata sambutan dalam acara Lebaran Betawi 2016 di Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (14/8/2016).

Menurut Zainuddin, banyak tokoh Betawi yang pantas dicalonkan sebagai calon gubernur atau pun calon wakil gubernur pada pilkada 2017. Ia antara lain menyebut nama Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni, hingga Wakil Ketua DPRD Abraham Lunggana.

"Banyak profesor, banyak cendekiawan dari Betawi. Saya kira diakomodirnya anak Betawi sebagai pemimpin di Jakarta sudah sangat laik," kata Zainuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com