Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos FBR di Rawajati Mulai Dibongkar Sendiri

Kompas.com - 02/09/2016, 11:13 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bangunan pos ormas Forum Betawi Rempug (FBR) di lokasi gusuran di Rawajati, Jakarta Selatan, masih berdiri. Ternyata, pembongkaran pos ini dilakukan secara bertahap. Berbeda dengan rumah warga lainnya yang lebih dulu rata dengan tanah.

Hanya pos ormas ini dan sebuah bangunan ibadah mushala yang belum disentuh. Pantauan Kompas.com, Jumat (2/9/2016), pembongkaran baru sebatas sebagian atap pos ormas tersebut.

Itu pun baru sebagian atas saja, di atas tempat parkir, bukan di bangunan utama. Tembok pos ormas berwarna hijau itu juga masih utuh. Barang di dalam pos, seperti kursi dan meja, masih belum dikeluarkan.

Seorang pengojek yang menjaga pos tersebut mengatakan, pembongkaran pos ormas itu dilakukan belakangan lantaran ada permintaan dari pihak ormas itu untuk membongkar sendiri.

"Ini tetap dibongkar, sama seperti yang lain. Cuma, dia minta bongkar sendiri supaya kayak genteng sama kayu-kayunya enggak rusak, bisa dipakai lagi," kata pria paruh baya yang enggan disebut namanya, kepada awak media di lokasi, Jumat (2/9/2016).

Namun, aktivitas pembongkaran terkesan lambat. Tidak ada pekerja yang terlihat mencicil untuk bongkar atau memindahkan barang dari dalam pos. Anggota FBR pos tersebut sedang tidak berada di lokasi.

"Tadi sempat datang terus pergi lagi, biasanya nanti datang lagi. Kalau saya di sini ojek, bukan anggota. Cuma jaga pos aja," ujar pria paruh baya itu.

Kepala Polsek Pancoran Komisaris Aswin sebelumnya mengatakan, anggota ormas tersebut menyatakan akan membongkar sendiri pos mereka.

"Sore katanya mereka sendiri nanti yang bongkar," kata Aswin, Kamis (1/9/2016). (Baca: Bangunan Berbendera FBR Masih Berdiri Saat Rumah-rumah di Rawajati Rata dengan Tanah)

Pihaknya memastikan hanya menjaga keamanan pembongkaran. Soal pos ormas itu, polisi berkoordinasi dengan kelurahan setempat.

Kompas TV Ahok Akan Tertibkan Kawasan Rawajati
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com