Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aguan: Prasetio Telepon Bilang Mau ke Rumah dengan Beberapa Anggota DPRD

Kompas.com - 07/09/2016, 14:11 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma atau Aguan ditanya mengenai pertemuan dengan anggota DPRD DKI di kediamannya. Aguan ditanya oleh hakim saat dia menjadi saksi dalam persidangan terdakwa kasus dugaan suap raperda reklamasi, Mohamad Sanusi.

Aguan mengatakan, pertemuan itu berawal ketika Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menghubunginya.

"Prasetio telepon, bilang mau ke rumah dengan beberapa anggota DPRD. Itu sekitar bulan Desember," ujar Aguan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Rabu (7/9/2016).

Aguan mengatakan, Prasetio merupakan karyawannya. Ketika datang, Prasetio membawa beberapa anggota DPRD DKI, di antaranya Mohamad Taufik, Mohamad Sangaji, Selamat Nurdin, dan Mohamad Sanusi.

Aguan membenarkan bahwa nama-nama itu adalah anggota-anggota DPRD DKI yang ikut datang ke rumahnya.

"Seingat saya itu juga enggak lama karena itu kan hari Minggu, hari keluarga. Jadi hanya kenalan, makan pempek, ngobrol biasa saja terus saya ketemu keluarga," ujar Aguan.

Aguan mengatakan bahwa tidak ada pembahasan mengenai reklamasi atau raperda. Bahkan, pertemuan tersebut tidak membahas pekerjaan sama sekali.

"Saya rasa Prasetio hanya mau perkenalkan teman-temannya saja," ujar Aguan.

Dalam kasus ini, mantan anggota DPRD DKI M Sanusi didakwa menerima suap sebesar Rp 2 miliar secara bertahap dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja.

Menurut jaksa, suap diberikan agar Sanusi mengakomodasi keinginan pengembang untuk menghilangkan tambahan kontribusi sebesar 15 persen.

Kompas TV Jaksa: DPRD DKI Minta 50 M ke Chairman Agung Sedayu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com