Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tiga Pasang Calon, Ahok Bisa Cuti Enam Bulan

Kompas.com - 23/09/2016, 14:01 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berharap Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi Pasal 70 ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 tentang Pemilihan Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang kini tengah diajukannya.

Sebab, Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 berpotensi diikuti tiga pasang calon. Menurut Ahok (sapaan Basuki), adanya tiga pasang calon berpotensi membuat Pilkada DKI 2017 berlangsung dalam dua putaran. Jika itu terjadi, Ahok menyatakan, dirinya akan diwajibkan cuti selama hampir enam bulan.

"Bisa enam bulan saya enggak kerja," ujar dia di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (23/9/2016).

Menurut UU Nomor 29 Tahun 2007, pemenang Pilkada DKI harus meraih suara minimal 50 persen plus satu. Artinya, jika pilkada diikuti lebih dari dua pasang calon dan tidak ada di antaranya yang meraih suara 50 persen plus satu, maka pilkada harus dilangsungkan dalam dua putaran.

Sementara itu, Ahok diketahui tengah mengajukan uji materi Pasal 70 ayat 3 UU Pilkada tentang cuti calon petahana. Ia ingin agar petahana diberi pilihan untuk tidak cuti, walaupun dengan risiko tidak bisa berkampanye.

Ia menilai, masa kampanye yang ada sekarang terlalu lama. "Kalau dua putaran, berdoalah supaya MK mengabulkan permohonan saya," ujar Ahok.

Kompas TV Ahok Kembali Ikuti Sidang Uji Materi Cuti Kampanye
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com