Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Jelang Penetapan Cagub-Cawagub DKI, Berkas Persyaratan Dinyatakan Lengkap

Kompas.com - 17/10/2016, 16:20 WIB
Nursita Sari

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi persyaratan pada Senin (24/10/2016) pekan depan.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, pihaknya telah selesai memverifikasi berkas persyaratan dan menyerahkan kepada seluruh pasangan bakal cagub-cawagub.

"Sudah, sudah selesai (verifikasi), sudah dikirim ke para calon. Semua berkasnya sudah dinyatakan lengkap," ujar Sumarno saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/10/2016).

(Baca: Ini Strategi Ahok-Djarot, Anies-Sandi, dan Agus-Sylvi Atasi Kemacetan di Jakarta)

Pada Senin (24/10/2016), KPU DKI akan menyerahkan berita acara hasil verifikasi berkas, baik pada penyerahan tahap pertama maupun tahap perbaikan. Kemudian, KPU DKI akan mengumumkan pasangan bakal cagub-cawagub yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan sebagai pasangan cagub-cawagub yang dapat bertarung pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Setelah semua dinyatakan memenuhi syarat, itu baru kemudian kita langsung tetapkan sambil menyampaikan surat keputusan KPU provinsi tentang penetapan pasangan calon," ujarnya.

Pada saat penetapan tersebut, ketiga pasangan bakal cagub-cawagub, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, tidak diwajibkan hadir. Namun, KPU DKI tetap berharap ketiga pasang cagub-cawagub itu datang.

"Calon kita harapkan hadir karena ini kan penting juga penetapan mereka. Jadi, diharapkan hadir," ucap Sumarno.

(Baca: Ini Program Cagub-Cawagub DKI Jakarta untuk Mengatasi Permasalahan Lingkungan)

KPU DKI belum memastikan waktu tepatnya penetapan pasangan cagub-cawagub dilangsungkan. Namun, penetapan tersebut kemungkinan diadakan siang hari.

Setelah penetapan pasangan cagub-cawagub, KPU DKI akan melakukan pengundian nomor urut pasangan cagub-cawagub pada Selasa (25/10/2016).

(Baca: Pesona Artis dan Pilkada DKI 2017)

Kompas TV Manuver Cagub-Cawagub Jelang Pilkada DKI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com