Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Sudah Peringatkan Tim Sukses Ahok Ada Penolakan di Rawabelong

Kompas.com - 03/11/2016, 16:56 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dihadang sekelompok orang saat berkampanye di Rawabelong pada Rabu (2/11/2016) sore.

Menanggapi itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan pihak kepolisian telah memberi tahu kepada tim sukses Ahok bahwa ada penolakan dari sekelompok orang sebelum Ahok kesana.

Hal tersebut diketahui dari bagian intelijen yang dimiliki pihak kepolisian. Namun, tim sukses Ahok, menurut Awi, tetap bersikeras untuk melakukan kampanye di kawasan tersebut.

"Kita sudah sampaikan kepada tim sukses (Ahok) bahwa di sana (Rawabelong) ada penolakan, tapi tetap mau ke sana," ujar Awi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (3/11/2016).

Awi menambahkan, setelah suasana semakin memanas, akhirnya polisi mengambil tindakan dengan mengevakuasi Ahok ke Mapolsek Kebon Jeruk. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Setelah diteriaki massa sepuluh orang akhirnya kita ambil keputusan untuk batalkan dan pasangan nomor dua (Ahok) kita perintahkan untuk kembali. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Jadi kita sudah cegah itu," ucap Awi. (Baca: Kampanyenya Ricuh, Ahok Diangkut Pakai Angkot ke Mapolsek Kebon Jeruk)

Sebelumnya Ahok hanya sekitar 15 menit blusukan menyapa warga di Rawabelong. Sekelompok warga menolak kedatangan Ahok. Mereka berteriak dan membawa spanduk penolakan Ahok.

Mereka sempat mengejar Ahok sebelum diamankan oleh personel kepolisian. Ahok beserta rombongan dievakuasi menggunakan Mikrolet M24 ke Mapolsek Kebon Jeruk. Awalnya Ahok akan meninjau Kali Sekretaris. Namun rencananya gagal setelah mendapat penolakan dari warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com