Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Janji Izinkan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah

Kompas.com - 06/11/2016, 21:26 WIB
David Oliver Purba

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berjanji akan mengizinkan pemotongan hewan kurban di sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Menurut Anies, pemotongan hewan kurban di sekolah merupakan kesempatan siswa untuk menambah pengetahuannya.

Anies menceritakan, saat dia masih duduk di bangku sekolah, dirinya merasakan pengalaman menjadi khotib shalat ied di sekolah. Anies juga melihat proses pemotongan hewan kurban yang dilakukan di sekolahnya.

"Kami ingin kembalikan, sehingga anak-anak mendapatkan pengalaman dalam keagamaan, seperti hari raya kurban," ujar Anies, di Kampung Baru, Jakarta Timur, Minggu (6/11/2016).

Anies menuturkan hal itu menjawab pertanyaan salah satu warga di lokasi tersebut.

Pemprov DKI sempat melarang pemotongan hewan kurban di sekolah. Akan tetapi, saat ini, larangan pemotongan hewan kurban di sekolah sudah dicabut.

Pada Intruksi Gubernur DKI Nomor 168 Tahun 2015 tentang Pengendalian Penampungan Pemotongan Hewan tidak menyebutkan adanya larangan pemotongan hewan kurban di sekolah.

Menurut Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Darjamuni, pemotongan hewan kurban di sekolah diperbolehkan. Asal, dilakukan di bawah pengawasan petugas dari instansi terkait dan hanya dilakukan saat peringatan Hari Raya Idul Adha.

Kompas TV Anies Baswedan Tetap Fokus Pilkada DKI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com