Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Ganjar Pimpin "Tour de Borobudur" Sepanjang 275 KM

Kompas.com - 19/11/2016, 08:34 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Hari pertama gowes "Tour de Borobudur 2016" pada Jumat (18/11/2016) berlangsung lancar. Para peserta sukses bersepeda dengan menaklukkan tantangan jalan dan alam sejauh 165 kilo meter.

Gowes untuk mengenalkan dunia olahraga dengan pariwisata itu dipimpin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang memang hobi bersepeda. Ratusan pesepeda mengikuti di belakangnya.

"Saya bersyukur karena sampai saat ini berjalan lancar. Semalam (kemarin) dari Jakarta, cuma tidur tiga jam, jadi sepedanya pelan-pelan," kata Ganjar, Sabtu (19/11/2016).

Tour de Borobudur di mulai dari depan kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Semarang. Rute kategori A melewati jalanan umum, perbukitan Salatiga hingga menuju Surakarta. Dari Semarang hingga Surakarta ada lima titik pemberhentian.

Pagi ini rute kategori A masih dilanjutkan dengan menempuh perjalanan dari Solo ke Magelang melewati sejumlah titik jalan pegunungan.  Sejumlah obyek wisata dilalui pada etape di hari pertama. Jumat kemarin, titik pemberhentian termasuk di Candi Prambanan.

Tour de Borobudur direncanakan berlangsung sampai Sabtu ini.

"Kemarin berhenti di Candi Prambanan. Spot itu bagus, ada turis asing malah ikut bersepeda," ujarnya.

Tour de Borobudur menempuh total jarak 275 kilo meter. Di hari kedua, para pesepeda akan melakukan perjalanan sisa sepanjang 110 kilo meter dengan kembali ke Salatiga, naik ke Kawasan Kopeng dan turun kembali ke Magelang untuk menuju Borobudur.

Di kawasan kawasan Kopeng akan digelar kompetisi King Of Mountain karena kawasan itu adalah pegunungan yang kaya spot pariwisata. Setelah sampai ke Magelang, para peserta akan bertemu dengan rombongan besar di kategori yang lain.

Ketua panitia Tour de Borobudur, Hendri Dwiyanto, mengatakan total peserta yang ikut  kategori A sebanyak 172 orang. Sebagian menyelesaikan rute dengan bantuan tim mekanik dan pengawalan.

"Ramai, kemarin banyak kejutan. Semoga hari ini bisa berjalan lancar," kata dia.

Tour de Borobudur hari ini juga bakal diramaikan tiga menteri dari Kabinet Kerja yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com