Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Bandung Punguti Sampah pada Aksi Doa Bersama

Kompas.com - 02/12/2016, 12:06 WIB
Ana Shofiana Syatiri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa dari Bandung ikut dalam aksi doa bersama, Jumat (2/12/2016), di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Namun, mereka mengambil bagian sebagai relawan yang memungut sampah.

Para mahasiswa yang jadi relawan memungut sampah itu mengaku asal Universitas Islam Negeri Bandung. Salah satunya Ibnu, mahasiswa semester 1 UIN Bandung jurusan Konseling Islam.

Ibnu mengatakan, ke Jakarta bersama sekitar 50 orang temannya. Seperti pada aksi 4 November lalu, kali ini Ibnu dan para temannya menjaga kebersihan di acara aksi doa bersama ini agar tetap bersih.

Ibnu dan teman-temannya bertugas memungut sampah di sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan. Dengan plastik hitam besar, mereka memungut botol air, plastik makanan, bungkus nasi, dan lainnya.

"Kita sebagai peserta aksi juga, tapi sekalian memungut sampah. Karena kebersihan bagian dari iman juga," kata Ibnu, kepada Kompas.com, di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016).

Ibnu mengaku tak mau ada sampah berceceran dari aksi ini. Karena menurutnya di aksi 4 November lalu sampah jadi sorotan.

Ibnu mengatakan, sampah ini nantinya akan dikumpulkan bersama sejumlah sukarelawan lain dari ormas keagamaan yang melakukan kegiatan serupa.

"Nanti dikumpulin, nanti sama laskar-laskar yang lain dikumpulin," ujar Ibnu.

Kompas TV Peserta Aksi 2 Desember Jalan Kaki Menuju Jakarta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com