Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU DKI Pastikan Panelis Debat Cagub-Cawagub Netral dan Ahli

Kompas.com - 16/12/2016, 17:13 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menentukan jadwal pelaksanaan debat antar-calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Debat tersebut akan digelar tiga kali pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari 2017.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) DKI Jakarta Soemarno memastikan, orang yang menjadi panelis dan moderator dalam debat tersebut harus netral.

"Oh iya, nanti dari para ahli. Pertama panelis harus netral. Dia seorang ahli di bidangnya dan dia tidak berafiliasi pada salah satu calon. Begitu juga dengan moderator hatus netral," ujar Soemarno di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2016).

(Baca juga: Sandiaga Anggap Positif Hasil Debat dengan Ahok-Djarot)

Soemarno menyampaikan, untuk format debatnya, sampai saat ini masih dalam tahap perumusan. Begitu pun mengenai lokasi acara tersebut yang belum ditentukan.

Namun, Soemarno memastikan, debat tersebut akan mengambil tema-tema berdasarkan problematika warga Jakarta. Tema yang akan diambil berbeda-beda untuk tiga kali debat tersebut.

"Misalnya, transportasi, lingkungan, pendidikan, soal reformasi birokarasi dan sebagainya. Nanti kan ada tema-tema besar yang lebih spesifik. Dari tiga kali debat itu pasti temanya beda," kata Soemarno.

(Baca juga: Saat Agus Dua Kali Tak Hadiri Acara Debat di Media...)

Saat ini, Pilkada DKI Jakarta 2017 tengah memasuki masa kampanye. Masa kampanye ini berlangsung sejak 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga pasang cagub-cawagub, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan Sandiaga Uno.

Kompas TV Debat Kepemilikan Senjata di Kampanye Capres AS
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com