Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Berharap Panelis Debat Cagub-Cawagub Bersikap Kritis

Kompas.com - 19/12/2016, 17:32 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI nomor pemilih tiga, Anies Baswedan berharap panelis dalam debat cagub-cawagub yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta nantinya bisa menghidupkan suasana debat antar calon.

Anies menjelaskan, panelis yang dipilihnya nantinya harus bersikap kritis, serta bisa memancing diskusi serta tidak monolog.

Terkait independensi panelis, Anies yakin panelis yang dipilih akan bersikap independen karena ditonton oleh jutaan penonton. Anies juga tak mempermasalahkan panelis dari kalangan manapun.

"Kalau soal independen, ya baik. Tapi siapapun yang duduk di sana pasti independen karena ditonton puluhan juta orang, anda nggak bisa macem-macem," ujar Anies usai mendatangi warga Kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur, Senin (19/12/2016).

Anies juga menceritakan pengalamannya ketika menjadi panelis dalam sejumlah acara debat. Anies mengatakan, dirinya harus mengumpulkan banyak bahan untuk menghasilkan pertanyaan yang berkualitas dan menarik. (Baca: KPU DKI Pastikan Panelis Debat Cagub-Cawagub Netral dan Ahli)

Anies menambahkan, dalam dua debat yang sebelumnya diikuti Anies-Sandiaga Uno, masih banyak hal belum diungkapkan ketika debat. Sayang, Anies enggan menjelaskan hal tersebut.

"Ada yang belum diungkapkan, banyak. Jangan (diungkapkan dulu), banyak, kami banyak yang disimpan belum diomongin," ujar Anies.

Debat resmi KPUD DKI Jakarta akan diselenggarakan 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari 2017.

Kompas TV Cagub dan Cawagub DKI Adu Gagasan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com