Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Gubernur Promosikan Pejabat DKI yang Dijadikan Staf oleh Ahok

Kompas.com - 03/01/2017, 12:09 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono mengatakan, terdapat sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang dipromosikan setelah sebelumnya distafkan oleh Gubernur yang sedang cuti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Sumarsono yang akrab disapa Soni ini menjelaskan, pejabat tersebut berasal dari eselon III dan IV. Adapun jumlahnya, kata Soni, tidak banyak.

Ini karena pada perombakan jabatan tahun ini, Pemprov DKI lebih fokus untuk melakukan pengukuhan dibanding pelantikan. Soni mengaku tidak mengingat nama pejabat yang akhirnya dipromosikan tersebut.

"Ada satu sampai dua saja saja eselon IV karena sebelumnya (distafkan) karena kesalahan dikit. Kami naikkan karena pintar, tapi secara umum kami maksimalkan yang sudah menjabat dulu," ujar Soni di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2017).

Soni menjelaskan, alasan pejabat tersebut kembali dipromosikan karena telah memenuhi sejumlah kriteria dalam posisi jabatan tersebut. Selain pintar, aspek lain di antaranya perilaku dan integritas pejabat tersebut sudah teruji.

"Pintar cuma merupakan salah satu dari 10 aspek yang dinilai," ujar Soni.

Hari ini, Soni resmi mengukuhkan dan melantik sebanyak 5.038 pejabat di lingkungan Pemprov DKI.

Rinciannya, pengukuhan 3.561 pejabat yang terdiri dari 74 pejabat eselon II, 584 pejabat eselon II, dan 2.898 pejabat eselon IV. Sisanya, 1.138 pejabat dirotasi, 241 pejabat dapat promosi, 80 pejabat dimutasi, dan 846 pejabat demosi.

Kompas TV Inilah Pejabat DKI yang Mundur di Era Ahok
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com