Selasa, 24 Januari 2017

Megapolitan

Urai Kepadatan di Manggarai, KRL Bekasi-Kota Dialihkan Lewat Senen

Rabu, 11 Januari 2017 | 18:51 WIB
Jessi Carina Mesin gate in dan gate out di Stasiun Manggarai

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) dalam waktu dekat akan mengubah rute KRL lintas Bekasi menuju Jakarta Kota yang biasanya melalui Stasiun Manggarai menjadi lewat Stasiun Pasar Senen. Pengalihan rute itu dilakukan dalam rangka meminimalisasi antrean kereta yang kerap memadati Stasiun Manggarai.

"(KRL lintas) Bekasi dari Jatinegara lewat Pasar Senen menuju Jakarta Kota. Kami sudah dapat izinnya, dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," kata Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ, Subakir, di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Subakir menjelaskan, selama ini kondisi Stasiun Manggarai cukup padat karena dilintasi berbagai KRL untuk sejumlah relasi atau rute. Dengan memindahkan arah KRL dari Bekasi menuju Jakarta Kota, diharapkan antrean masuk ke Stasiun Manggarai berkurang dan mempercepat laju kereta api sehingga bisa sesuai dengan jadwal.

Saat ini, Stasiun Manggarai sedang direnovasi dan disiapkan menjadi stasiun terintegrasi antar-moda yang modern. Di stasiun juga tengah disiapkan sistem rel ganda yang dapat memisahkan perjalanan kereta api antar-kota dengan KRL commuter line Jabodetabek yang melayani rute di dalam kota.

Sistem rel ganda itu juga disiapkan untuk KRL menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, kereta bandara mulai beroperasi pada 2017 ini.

Penulis: Andri Donnal Putera
Editor : Egidius Patnistik