Tim Rano-Embay Sebut Ketua KPU Kota Tangerang Tak Netral karena Foto Ini - Kompas.com

Tim Rano-Embay Sebut Ketua KPU Kota Tangerang Tak Netral karena Foto Ini

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 17/02/2017, 19:35 WIB
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sirra Prayuna wakil ketua bidang hukum DPP partai PDIP dari tim pemenangan cagub-cawagub provinsi Banten nomor urut 2 Rano-Embay saat menunjukkan bukti pada konpers di Perumahan Modernland, Tangerang, Jumat (17/02/2017). Sirra menjelaskan terkait kasus kecurangan saat pemungutan suara pilkada 2017 yang terjadi di sejumlah kecamatan yang berada di Tangerang.

Tangerang, KOMPAS.com - Tim Pemenangan calon gubernur-wakil gubernur, Rano Karno-Embay Mulya Syarief, mengindikasikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Sanusi Pane, tidak netral dalam Pilkada Banten 2017.

Indikasi ini setelah ditemukan foto Sanusi memegang roti dengan berlogo calon gubernur Banten nomor 1, Wahidin Halim. Foto itu tersebar luas di media sosial.

"Seorang Ketua KPU tidak boleh menunjukkan sikap partisan mendukung salah satu pasangan calon," kata Wakil Ketua Bidang Hukum DPP PDI Perjuangan, Sirra Prayuna di Tangerang, Kamis (17/2/2017).

Sirra menambahkan, terlepas Sanusi ikut mencoblos atau tidak, pose memegang atribut salah satu paslon tak dibenarkan dan berdampak menggiring pemilih untuk mendukung.

"Ini problem sangat mendasar," kata Sirra.

Langkah selanjutya, kata Sirra, Tim Pemenangan Rano-Embay akan melaporkan Sanusi ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Dia berharap pelaporan ini untuk mendukung penyelanggara pemilu harus non-partisan, independen, Imparsial, profesional.

Sementara itu, saaat dikonfirmasi, Sanusi mengatakan foto tersebut pada tahun 2011 saat dia masih bekerja sebagai wartawan di salah satu harian lokal di Tangerang.

Saat itu, Sanusi berfoto dengan salah satu bukti dugaan politik uang yang dilakukan oleh Wahidin Halim yang menjadi kontestan Pilkada Banten 2012. (Baca: Polri Tetapkan Status Siaga Satu di Banten Pasca-Pilkada 2017)

Sanusi juga tak mempersoalkan langkah Tim Pemenangan Rano-Embay melaporkan dia ke DKPP atas foto tersebut.

"Biar DKPP memutuskan mana benar dan salah," ujar Sanusi.

Kompas TV 2 pasang calon Gubernur Banten, saling mengklaim menang dalam Pilkada Banten. Hingga saat ini perolehan suara yang sudah direkap KPUD, menunjukan pasangan Wahidin-Andika unggul tipis. Hasil penghitungan cepat oleh sejumlah lembaga survei dalam Pilkada Banten 2017, menunjukkan kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yang bertarung, memiliki selisih suara tipis. Selisih tipis dalam hitung cepat ini, membuat kedua pasangan calon, sengit mempertahankan klaim kemenangan, hingga hasil real count dirilis KPUD.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X