Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Anies soal Kehadiran Nachrowi pada Deklarasi Dukungan dari Fuhab

Kompas.com - 23/02/2017, 15:57 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, mendapat dukungan dari Forum Ulama dan Habaib (Fuhab) pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh anggota tim pemenangan pasangan cagub dan cawagub nomor pemilihan satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Nachrowi Ramli.

Menurut Anies, kedatangan Nachrowi karena diundang oleh Fuhab. Pertemuan ini, kata dia, bukan pertemuan antara tim pemenangan Anies-Sandiaga dan Agus-Sylviana.

"Perlu ditegaskan pertemuan ini bukan pertemuan pasangan satu dan tiga, ini adalah forum yang diselenggarakan oleh Fuhab, dan Fuhab secara khusus mengundang Nachrowi dan Nachrowi hadir, bukan membicarakan penggabungan satu dan tiga," ujar Anies di Cipinang Cimpedak, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).

Anies menjelaskan, ini merupakan pertemuan pertama kali dengan tim pemenangan Agus-Sylviana. Ia mengaku akan ada pertemuan selanjutnya untuk membicarakan hal ke depannya.

Namun, Anies belum dapat memastikan apakah partai politik yang mendukung Agus-Sylviana pada putaran pertama akan beralih mendukungnya pada putaran kedua.

"Ini bukan pembicaraan dengan parpol, yang parpol ada pembicaraan sendiri, ini dengan warga, relawan-relawan," kata Anies.

Anggota Majelis Tinggi Forum Ulama dan Habaib (Fuhab), Taufiequrachman Ruki, sebelumnya mengaku pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017 mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. (Baca: Ketika Nachrowi Ramli Kikuk Berpose Tiga Jari untuk Anies-Sandi)

Namun, karena pasangan tersebut tak lolos pada putaran kedua Pilkada DKI, maka Fuhab mengalihkan dukungannya kepada pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Tentunya organisasi ini akan mengalihkan (dukungan) karena di sini juga hadir Pak Nachrowi, kami akan mengalihkan dukungan yang selama ini kepada Agus-Sylvi akan kami alihkan ke Anies-Sandi," ujar Ruki di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).

Kompas TV Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berkelakar bahwa pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah "Paket Hemat" diantara tiga paslon di DKI Jakarta, mampu setengah mati menjalankan nilai-nilai positif.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com