Sandiaga Ungkapkan Keanehan Perolehan Suara di 400 TPS - Kompas.com

Sandiaga Ungkapkan Keanehan Perolehan Suara di 400 TPS

Alsadad Rudi
Kompas.com - 07/03/2017, 15:39 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Perwakilan dari tiga kelompok relawan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni yang menyatakan dukungan untuk pasangan calon nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Sandiaga Uno, mengungkapkan keanehan pada putaran pertama Pilkada DKI karena dia mendapat suara nol di 400 tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Sandi, keanegan di TPS itu muncul karena pasangan nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, serta pasangan Anies-Sandi sama sekali tidak mendapatkan suara.

"Ada 400 TPS yang suara kami dinolkan. Padahal rasanya tidak mungkin," kata Sandi, saat menerima kedatangan tiga kelompok relawan Agus-Sylvi di posko pemenangannya, Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).

Sandi menyebut hampir semua TPS yan dia nilai anomali berlokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Dia menduga hal itu merupakan bentuk kecurangan yang dilakukann secara masif, sistemik, dan tersturuktur.

Karena hal itu, Sandi meminta para relawannya maupun tetap optimistis saat bekerja mengupayakan kemenangan pada putaran kedua.

"Walaupun raihan suaranya kok jomplang banget, tapi jangan mengeluh. Karena kalau kami mengeluhkan kompetisi yang dinilai kurang fair, rasa-rasanya kok seperti cengeng sekali," ujar Sandi.

(Baca: Demokrat Sarankan Sandiaga Kampanye di Wilayah Pendukung Agus-Silvy)

Berdasarkan rekapitulasi putaran pertama lalu, pasangan Agus-Sylvi memeroleh 937.955 suara atau sekitar 17,05 persen. Pasangan Ahok-Djarot memeroleh 2.364.577 suara atau 42,99 persen, sedangkan pasangan Anies-Sandi memeroleh 2.197.333 suara atau 39,95 persen.

Sandi yakin pada putaran kedua, perolehan suara Anies-Sandi dapat menyalip perolehan suara Ahok-Djarot. Keyakinanannya itu didasarkan pada hasil pencoblosan ulang di dua lokasi pada 19 Februari lalu.

"Di putaran pertama kami menang di 7.000 TPS di 22 kecamatan. Kami berhasil menang di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, bersaing ketat di Jakarta Pusat, tapi kalah di Jakarta Barat dan Jakarta Utara," kata Sandi.

Kompas TV Meski tidak dalam masa kampanye, Cawagub DKI Jakarta 2017 Sandiaga Uno bersilaturahim dengan sejumlah warga di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Dalam temu warga, dirinya mengimbau masyarakat agar dapat menjaga toleransi umat beragama.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlsadad Rudi
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM