Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumarsono: Selama Saya Menjabat Tidak Akan Ada Relokasi

Kompas.com - 08/03/2017, 13:42 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan selama dia menjabat sebagai Plt, tidak akan melakukan relokasi untuk kelanjutkan normalisasi kali.

Sumarsono menjelaskan, dia ingin menciptakan suasana kondusif selama proses Pilkada DKI Jakarta putaran kedua berlangsung.

Sumarsono mengatakan, selama menjabat sebagai Plt, Sumarsono ditugaskan untuk menjaga stabilitas keamanan jelang pilkada. Dikhawatirkan dengan adanya kebijakan relokasi, bisa membuat kegaduhan.

"Saya berharap mungkin selama pilkada sampai selesai pilkada nggak ada relokasi, supaya menciptakan iklim kondusif. Tidak akan dilakukan menjelang pilkada," ujar Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

Sumarsono menambahkan, selama lebih kurang satu bulan menjabat, dia tidak memprioritaskan kebijakan relokasi sebagai program kerja yang harus dilakukan. Sumarsono hanya akan fokus untuk menjalankan fungsi pemerintahan sepeninggal Gubernur-Wakil Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang sedang cuti kampanye pilkada.

"Prioritas saya, saya didesak waktu satu bulan lebih sedikit, fokus kepada suksesnya pilkada, ketentraman pemerintahan dan fungsi menjalankan pemerintahan di DKI. Jadi yang lain-lain selama tidak jadi prioritas di jaman saya, saya tidak tangani dulu," ujar Sumarsono.(Baca: Sumarsono: Relokasi Tak Sama dengan Penggusuran)

Salah satu wilayah yang saat ini masih terdampak banjir ialah wilayah Cipinang Melayu. Ahok sebelumnya berencana untuk melakukan normalisasi di kawasan tersebut. Hal itu mengakibatkan warga di kawasan itu harus direlokasi.

Kompas TV Tolak Relokasi, Warga Bukit Duri Ajukan Gugatan “Class Action”
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com