Peneliti LIPI: "Keluarga Cendana" Didekati karena Punya Massa - Kompas.com

Peneliti LIPI: "Keluarga Cendana" Didekati karena Punya Massa

Robertus Belarminus
Kompas.com - 17/03/2017, 22:51 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Acara diskusi Pusat Data Bersatu (PDB) dengan tema Hasil Pilkada DKI Putaran I SARA, Isu atau Fakta? di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, pasangan calon pada Pilkada DKI 2017 mendekati "Keluarga Cendana" karena "Keluarga Cendana" punya konstituen atau pemilih.

"Keluarga Cendana" yang Siti maksud yakni Titiek Soeharto dan Tommy Soeharto. Kedua tokoh tersebut, menurut Siti, punya basis massa sehingga tak heran bila paslon yang bertarung pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 ini mau mendekati mereka.

"Mbak Titiek orang Golkar, dia anggota dewan. Mas Tommy punya partai baru, tidak ada artinya didekati kalau tidak punya massa. Didekati artinya Mbak Titiek punya audiens, punya massa pendukung. Mas Tommy juga seperti itu," kata Siti, usai acara diskusi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2017).

(Baca juga: Sandiaga Bilang Dukungan Keluarga Cendana merupakan Amanah)

Dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 ini, Siti menilai wajar para calon berusaha mendekati pihak-pihak yang punya basis massa untuk meraih suara.

"Jadi dalam konteks itu dekati untuk mencari dukungan seluas-luasnya. Inikan sudah terakhir bagi dua paslon untuk menangkan pilkada ini," ujar Siti.

Menurut Siti, Titiek Soeharto punya basis massa dilihat dari kehadiran massa dalam acara Haul Soeharto di Masjid At Tin, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Sebelum Temui Adik Tiri Soeharto, Ahok Pamit ke Megawati)

Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, juga datang ke acara tersebut. Siti juga melihat, calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, juga sedang mendekati "Keluarga Cendana".

Namun, Titiek Soeharto beberapa waktu lalu sudah menyatakan dukungannya bagi pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Kompas TV Benarkah pertemuan Anies-Sandi dengan Keluarga Cendana telah berbuah dukungan resmi di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRobertus Belarminus
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X