Saluran Air di Palmerah Barat Dibongkar karena Tertutup Sampah Sayuran - Kompas.com

Saluran Air di Palmerah Barat Dibongkar karena Tertutup Sampah Sayuran

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 19/03/2017, 20:17 WIB
KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Saluran air di Jalan Palmerah Barat yang sedang dibongkar.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Januari 2017, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan membongkar saluran air di Jalan Palmerah Barat.

Kasudin SDA Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, pengerukan dilakukan lantaran pedagang pasar sekitar sering membuang sampah sisa sayuran yang dibuangnya ke dalam saluran air sehingga saluran mampet dan jalan tergenang.

"Pekerjaan tersebut adalah permintaan warga karena saat hujan daerah tersebut banjir, setelah dicek saluran sudah tertutup lumpur padat sampah sayuran bekas sisa pedagang yang dibuang ke saluran," ujar Holi, kepada Kompas.com, Minggu (19/3/2017).

KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Saluran air di Jalan Palmerah Barat dibongkar.

Pasar yang dikenal dengan nama Pasar Pisang tersebut memang dipadati pedagang, bahkan pada malam hari. Para pedagang yang tidak tertampung di dalam pasar, memilih berjualan di emperan jalan dan trotoar depan pasar.

Sayangnya, sampah sisa dagangan tidak dibuang pada tempatnya. Kondisi diperparah saat lubang untuk aliran air dari permukaan ke saluran air di bawahnya ditutup dengan semen karena dijadikan akses menuju toko.

"Penanganannya adalah kami membongkar seluruh inrit (tutup saluran) sepanjang 113 meter dari jembatan Pasar Palmerah (Pasar Pisang) sampai dengan SMPN 116," kata Holi.

KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Saluran air di Jalan Palmerah Barat dibongkar.

Holi mengatakan pekerjaan tersebut memakan waktu lama sebab setelah membongkar tutup saluran, satu unit ekskavator harus dikerahkan untuk mengeruk lumpur.

Pasukan biru Dinas Sumber Daya Air kini tengah memperbaiki saluran tersebut dengan memasang box dalam saluran.


PenulisNibras Nada Nailufar
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM