Program DP 0 Rupiah dalam Hasil Survei Dua Lembaga - Kompas.com

Program DP 0 Rupiah dalam Hasil Survei Dua Lembaga

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 15/04/2017, 22:19 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Debat Publik Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017). Pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan dilaksanakan 19 April 2017 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei terkait Pilkada DKI yang dirilis dua lembaga pada Sabtu (15/4/2017) turut memotret penilaian warga mengenai DP rumah 0 rupiah yang merupakan program dari calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Hasil survei yang dilakukan Charta Politika menunjukkan, ada 17,1 persen responden yang menjawab bahwa DP 0 rupiah merupakan program Anies-Sandi yang tidak disukai.

(Baca juga: Sandi: Kalau Mau Dibedah Program DP 0, Silakan, Pertanyaan Pak Basuki Saya Bisa Jawab)

Sementara itu, yang menjawab OK OCE sebagai program yang tidak disukai sebanyak 1,9 persen, sedangkan 81,0 persen lainnya tidak menjawab.

Survei ini melibatkan 782 responden yang disurvei dari tanggal 7 hingga 12 April 2017. Responden juga diajukan pertanyaan mengenai program yang disukai dari Anies-Sandi.

Hasilnya, 32,4 persen menjawab OK OCE, disusul 25,0 persen yang menjawab KJP Plus. Sebanyak 7,9 persen menjawab pembukaan lapangan kerja, dan 6 persen menjawab DP 0 rupiah.

Survei itu menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of errror kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(Baca juga: Anies: Pilihannya Jelas, Mau Gubernur Pakai DP atau Tanpa DP)

Sementara itu, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menunjukkan, 72 persen dari 495 responden yang disurvei pada 12-14 April 2017 mengetahui program DP 0 rupiah. 

Namun, 53 persen di antaranya tidak percaya. Hanya 35 persen yang percaya atas program itu. Survei ini dilakukan dengan melibatkan 495 responden dari target 1.000.

Margin of error sebesar kurang lebih 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling. Survei dibiayai dengan dana Indikator sendiri.

Kompas TV Anies Resmikan Masjid di Cipayung

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNibras Nada Nailufar
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM