Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Cukup Banyak Biaya Pengamanan Pilkada, Tidak Masalah

Kompas.com - 17/04/2017, 19:29 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengatakan soal besarnya pengamanan untuk Pilkada DKI Jakarta 2017. Ia mengemukakan, meski menimbulkan biaya yang tinggi, hal itu tak jadi masalah demi memastikan Ibu Kota aman.

"Mungkin kalau saya sampaikan berapa jumlah pasukan itu pada kaget, kami ada 64.532 pasukan itu untuk Jakarta aman, Jakarta damai. Negara cukup banyak biaya tidak masalah yang penting Jakarta aman," kata Iriawan dalam acara deklarasi Pilkada Damai di Silang Barat Daya Monas, Senin (17/4/2017).

Iriawan tidak menyebutkan berapa besar biaya yang dimaksud. Ia hanya mengatakan tiap tempat pemungutan suara (TPS), ada 13.034 TPS di Jakarta, akan dijaga oleh masing-masing satu anggota Polri, satu anggota TNI, dan dua anggota linmas.

Panglima Kodam Jaya Mayjen Jaswandi mengatakan siap menurunkan sekitar 26.000 pasukannya untuk membantu polisi mengamankan TPS. Besok, ribuan tentara ini akan memasuki Jakarta dan mengarah ke TPS-TPS.

"Saya selaku Pangdam membantu penuh dalam pengamanan yang dilaksankan oleh Kapolda, berapapun yang diminta untuk amankan Jakarta, TNI siap mendukung Kapolda Metro Jaya," kata Jaswandi.

Baca juga: Kapolda Minta Perwira Pangkat Komisaris hingga Kombes Ikut Jaga TPS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com