Rayakan Kemenangan Anies-Sandi, Warga Kampung Pulo Pawai Obor - Kompas.com

Rayakan Kemenangan Anies-Sandi, Warga Kampung Pulo Pawai Obor

Dea Andriani
Kompas.com - 20/04/2017, 22:18 WIB
KOMPAS.com/Dea Andriani Ratusan warga Kampung Pulo dan Rusunawa Jatinegara melakukan pawai obor dalam menyambut kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Kamis (20/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (20/4/2017) malam melakukan pawai obor untuk merayakan kemenangan calon gubenur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan- Sandiaga Uno berdasarkan hasil hitung cepat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 putara kedua.

"Ini gabungan warga sini (Rusunawa Jatinegara), juga warga RW 09, 03, dan 02. Kalau dijumlah (warganya) ada kali sekitar 500-an," ujar Jack Syarip warga Kampung Pulo, yang ditemui di Rusunawa Jatinegara, Kamis.

Warga yang ikut pawai itu didominasi anak-anak dan remaja laki-laki. Ada pula sejumlah perempuan dewasa yang sambil menggendong anaknya yang masih balita.

"Enggak ada rencana (melakukan pawai) spontan saja. Sudah gitu kan obor itu api, jadi simbol semangat sambut gubernur baru," jelas Jack.

Rahma (38) dan kedua anaknya yang kini menetap di Rusunawa Jatinegara mengikuti pawai itu sebagai bentuk syukur atas terpilihnya Anies Baswedan- Sandiaga Uno berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei.

"Senenglah sekarang pemimpinnya baru ( Anies-Sandi) daripada dulu ( Ahok- Djarot) mah," ujar Rahma yang ditemui seusai mengikuti pawai.

Rahma merupakan warga Kampung Pulo yang rumahnya digusur untuk normalisasi Sungai Ciliwung. Ia pindah ke rusun sejak Agustus 2016. Ia mengaku semenjak pindah pendapatannya dari berjualan makanan berkurang.

Rute pawai ini diperkirakan sekitar 2 km, mulai dari titik pertama di depan Rusunawa Jatinegara, ke Kampung Pulo, hingga Kampung Melayu dan berakhir kembali di rusun.

Warga berkumpul dan mulai berjalan kaki sekitar pukul 19.30 WIB. Rombongan pawai sampai kembali ke Rusunawa Jatinegara pada sekitar puku 20.30 WIB.

Dari hasil perhitungan suara pada saat pencoblosan kemarin, Anies-Sandi menang di dua TPS di Kampung Pulo. Di TPS 08 dan 09, Anies-Sandi unggul atas Ahok- Djarot.

PenulisDea Andriani
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X