Soal Tim Transisi, Djarot Bilang "Ini Pilgub Bukan Pilpres" - Kompas.com

Soal Tim Transisi, Djarot Bilang "Ini Pilgub Bukan Pilpres"

Jessi Carina
Kompas.com - 21/04/2017, 14:40 WIB
KOMPAS.com/JESSI CARINA Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengomentari rencana pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk membuat tim transisi. Djarot menilai biasanya tim transisi hanya ada pada saat pemilihan presiden.

"Kalau mau bikin transisi silakan gitu ya, tetapi sekali lagi bahwa ini pilgub bukan pilpres. Kenapa kalau pilpres ada transisi? karena itu kan menyangkut masalah kementerian, menteri-menteri," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (21/4/2017).

Djarot mengatakan dia dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan selesai menjabat pada Oktober 2017.

Djarot berkomitmen akan menyelesaikan sisa-sisa tugas hingga saat itu. Berikutnya, baru akan menjadi pemerintahan Anies dan Sandiaga.

Baca: Tanggapi Hasil Real Count KPU DKI, Ini Kata Djarot

Ahok dan Djarot juga akan membantu mempersiapkan masa peralihan itu. Terkait pembahasan anggaran, DPRD DKI juga akan ikut mengawasi penyusunan APBD DKI. DPRD DKI pasti akan memastikan program Anies dan Sandiaga bisa diakomodir dalam APBD.

"Apapun keputusan dari Pemprov kan terkait dengan DPRD, apalagi yang menyangkut kebijakan anggaran, ya enggak?" ujar Djarot.

Sebelumnya, calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan merealisasikan tim transisi.

Baca: Saat Djarot Hibur Pendukung yang Memberinya Bunga

Namun, saat ini mereka fokus pada rekonsiliasi sambil menunggu hasil resmi dari KPU. Sandiaga juga mengatakan, transisi kali ini tidak seperti pergantian Presiden.

Salah satu program yang digodok dalam tim transisi adalah rumah dengan DP 0 rupiah. Program ini memerlukan pembahasan khusus lantaran harus membuat peraturan daerah dan meminta persetujuan DPRD DKI Jakarta.

Kompas TV Apakah evaluasi dari masing-masing tim sukses terkait pelaksanaan pilkada hari ini?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM