Sandiaga: Saling Merangkul, Itu yang Kami Inginkan - Kompas.com

Sandiaga: Saling Merangkul, Itu yang Kami Inginkan

Akhdi Martin Pratama
Kompas.com - 21/04/2017, 15:55 WIB
KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Cawagub DKI Jakarta nomor tiga, Sandiaga Uno di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menilai suasana di Jakarta kini lebih kondusif setelah berlangsungnya pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

"Jakarta yang Insya Allah aman, damai dan tentram serta semuanya saling merangkul, itu yang kami inginkan dan yang terpenting kami harus memulai langkah-langkah konkret," ujar Sandiaga, di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

(baca: Anies-Sandi Menang, Tuduhan Jokowi Dukung Ahok Dinilai Tak Terbukti)

Sandiaga merasa sudah melakukan satu langkah konkret terkait rekonsiliasi setelah Pilkada DKI Jakarta berlangsung, yakni dengan mengajak pendukung pasangan petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, nonton bareng film Kartini.

"Kami merasakan aura kebersamaan dan sudah melupakan apa yang terjadi bulan-bulan yang lalu. Ini yang menurut kami menjadi nilai luhur demokrasi yang ada di Jakarta," ucap dia.

(baca: Hasil Final "Real Count" KPU DKI: Anies-Sandi Unggul di Semua Wilayah)

Sandiaga berharap Pilkada DKI Jakarta 2017 dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran berharga oleh semua pihak terkait pesta demokrasi di Jakarta.

"Kami harapkan ke depan bisa menjadi kenangan yang indah bahwa Jakarta bisa menghasilkan demokrasi yang sejuk, jujur, adil, demokratis, aman, damai, dan tentram," kata Sandiaga.

Hasil final real count KPU DKI Jakarta menunjukkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul di seluruh wilayah di DKI Jakarta. Berdasarkan hasil Situng, secara keseluruhan Anies-Sandi memperoleh 57,95 persen suara, sedangkan Ahok- Djarot meraih 42,05 persen.

Real count KPU DKI Jakarta dilakukan dengan cara memasukkan data dan mengunggah formulir C1 atau sertifikat hasil penghitungan suara di 13.034 TPS ke laman Sistem Informasi Penghitungan Suara KPU RI, https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/2/t1/dki_jakarta.

Kompas TV Jakarta akan punya gubernur baru, meskipun keputusan ini belum diresmikan KPU DKI Jakarta.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAkhdi Martin Pratama
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X