Masjid Raya KH Hasyim Asyari Dilalui Bus Transjakarta - Kompas.com

Masjid Raya KH Hasyim Asyari Dilalui Bus Transjakarta

Alsadad Rudi
Kompas.com - 21/04/2017, 21:21 WIB
Kompas TV Jokowi Resmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari

JAKARTA, KOMPAS.com - Masjid Raya KH Hasyim Asyari di Kalideres, Jakarta Barat, berada di rute layanan bus transjakarta. Bus transjakarta yang melayani rute tersebut adalah bus transjakarta koridor tiga.

Saat mendatangi Masjid Raya KH Hasyim Asyari pada Jumat (21/4/2017), Kompas.com naik bus transjakarta arah ke Kalideres. Halte transjakarta terdekat dari masjid adalah Halte Pesakih. Jarak antara Halte Pesakih dan Masjid Raya KH Hasyim Asyari tidak terlalu jauh, kurang lebih 150 meter sehingga memungkinkan untuk dicapai dengan berjalan kaki.

Namun bagi yang berat berjalan kaki, tersedia layanan bus pengumpan transjakarta menuju rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Pesakih yang rutenya melalui Masjid Raya KH Hasyim Asyari. Layanan bus pengumpan sendiri melayani rute Terminal Kalideres-Rusunawa Pesakih.

Layanan bus pengumpan transjakarta yang melewati Masjid Raya KH Hasyim Asyari terpantau melintas setiap 10-15 menit.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan, pembukaan rute yang melayani Masjid Raya KH Hasyim Asyari merupakan bentuk komitmen transjakarta dalam mendukung kebijakan maupun pembangunan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Transjakarta selalu ikut terlibat untuk mendukung dalam membuat rute layanan ke tempat-tempat yang diminati masyarakat dari setiap hasil pembangunan pemerintah provinsi DKI Jakarta,” kata Budi.

Masjid Raya KH Hasyim Asyari diresmikan Presiden Joko Widodo pada 15 April 2017. Masjid dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot.

Ide pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asyari muncul saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, tepatnya pada perayaan Idul Adha di Islamic Center, Jakarta Utara, pada tahun 2012. Saat itu, Jokowi baru mengetahui bahwa selama ini Jakarta belum punya masjid raya yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Baca juga: Mengintip Masjid Raya KH Hasyim Asyari

PenulisAlsadad Rudi
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X