Penutupan Pelintasan di TB Simatupang dan Pasar Minggu Ditunda - Kompas.com

Penutupan Pelintasan di TB Simatupang dan Pasar Minggu Ditunda

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 21/04/2017, 21:38 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Kondisi pelintasan sebidang di sekitar Stasiun Tebet, Senin (30/11/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan menunda penutupan pelintasan sebidang di dua lokasi yakni di Jalan TB Simatupang dan Jalan Pasar Minggu.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana akan melakukan uji coba penutupan pelintasan sebidang di dua lokasi itu mulai Jumat (21/4/2017) malam ini. Namun wacana tersebut diundur lantaran sarana dan prasaran penunjangnya belum siap.

"Kami meminta penundaan kepada Kementerian Perhubungan, jadinya diundur sebulan," ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto ketika dihubungi, Jumat.

Saat ini, kata Christianto, ada proyek pelebaran jalan di Pejaten Timur, Pasar Minggu, tak jauh dari Stasiun Pasar Minggu. Pihak Dinas Perhubungan mengatakan bila penutupan tetap dilakukan saat pelebaran jalan belum rampung, itu akan membuat penumpukan arus di perempatan Robinson Pasar Minggu.

Soalnya, jalur alternatif yang disediakan setelah pelintasan sebidang Jalan Raya Tanjung Barat ditutup adalah di putaran balik Robinson.

"Karena dari Dishub juga perlu persiapan juga. Nanti kalau kurang persiapan takutnya malah lebih macet," kata Christianto.

Dalam surat balasan dari Kementerian Perhubungan kepada Dishub DKI, pihak Kementerian memaklumi permohonan penundaan itu dan diputuskan penutupan diundur menjadi 15 Mei 2017.

Dalam surat itu, Kementerian juga meminta Dishub DKI berkoordinasi dengan Daerah Operasi (Daop) I Jakarta PT Kereta Api Indonesia dan Direktorat Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam pelaksanaan pelebaran jalan tersebut. Bila pelebaran jalan tersebut belum terealisasi sebelum tanggal 15 Mei 2017, uji coba tutupnya tetap dapat dilakukan pada tanggal 15 Mei 2017 dan proses pelebaran jalan dapat dilanjutkan bersamaan dengan berjalannya uji coba.

Baca juga: Ini Jadwal Uji Coba Penutupan 4 Pelintasan Sebidang

PenulisNibras Nada Nailufar
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM