Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Transisi Upayakan 4 Program Anies-Sandi Masuk APBD-P 2017 dan KUA-PPAS 2018

Kompas.com - 02/05/2017, 18:31 WIB
Nursita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Syarif, Sekretaris Tim Pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, mengatakan, tim transisi yang dibentuk akan mengupayakan empat program unggulan Anies-Sandi masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 serta Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2018.

"(Rumah) DP nol rupiah, KJP plus, KJS plus, OK-OCE (One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship) untuk bisa masuk ke anggaran perubahan dan KUA-PPAS untuk 2018," ujar Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta itu mengatakan, tim transisi akan mengupayakan untuk bertemu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov DKI Jakarta yang diketuai Sekda Provinsi DKI Jakarta Saefullah.

Namun, jika tidak bisa bertemu dengan TAPD, tim transisi akan bicara langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

(Baca juga: Sandiaga: Soal Tim Transisi, Tunggu Hasil Resmi Penghitungan KPU DKI)

Menurut Syarif, empat program tersebut diupayakan masuk ke APBD Perubahan 2017 dan KUA-PPAS 2018 agar bisa langsung mengakomodasi janji-janji kampanye Anies-Sandi.

"Kalau misalnya di Bulan Desember isinya bukan janji kampanye, merepotkan Anies, malah bisa disebut mengganggu pemerintahan," kata dia.

Menurut Syarif, perubahan tersebut penting karena yang melaksanakan program kerja Pemprov DKI Jakarta tiga bulan terakhir pada 2017 dan 2018 adalah gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"KUA-PPAS anggaran penetapan 2018 itu yang ngajukan memang gubernur lama, tetapi yang menggunakan gubernur baru," ucap Syarif.

Sandi sebelumnya mengatakan, ia segera mengumumkan nama-nama anggota tim transisi tersebut.

Pengumuman akan dilakukan setelah Anies-Sandi ditetapkan sebagai gubernur-wakil gubernur terpilih hasil Pilkada DKI Jakarta 2017 oleh KPU DKI.

"Akan kami umumkan setelah tanggal 5 (Mei)," kata Sandi di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (2/5/2017).

(Baca juga: Anies-Sandi Segera Umumkan Nama Anggota Tim Transisi)

Sandi belum bersedia menyebutkan nama-nama orang yang tergabung dalam tim transisi tersebut. Namun, dia menyatakan tim transisi akan beranggotakan para pakar dari berbagai bidang.

Kompas TV Anies-Sandi Bentuk Tim Sinkronisasi Pergantian Kepemimpinan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com