Rusun Pasar Rumput Rampung Desember 2018, Siapa yang Boleh Menyewa? - Kompas.com

Rusun Pasar Rumput Rampung Desember 2018, Siapa yang Boleh Menyewa?

Nursita Sari
Kompas.com - 03/05/2017, 18:47 WIB
KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meninjau pembangunan Rumah Susun Sewa Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan pembangunan Rumah Susun Sewa Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, ditargetkan rampung pada Desember 2018. Rusun itu diprioritaskan untuk warga relokasi.

"Ini sebetulnya yang pertama kami akan berikan kepada mereka yang terdampak normalisasi sungai," kata Djarot usai meninjau lokasi Rusun Pasar Rumput, Rabu (3/5/2017).

Namun, selain warga relokasi, rusun tersebut juga boleh disewa oleh warga lainnya. Djarot mengatakan, Rusun Pasar Rumput nantinya boleh disewa oleh warga yang tidak memiliki rumah dan mengalami kesulitan hidup. Warga dari luar Jakarta tetapi bekerja di DKI Jakarta juga boleh menyewa.

"Boleh, ya ini sistemnya apartemen harga kos. Kamu sewa kos dengan harga yang murah, boleh dong, tapi untuk memiliki tidak karena kami betul-betul ingin mengurangi urbanisasi," kata dia.

Ada 1.984 unit rusun yang dibangun di Rusun Pasar Rumput. Rusun Pasar Rumput diharapkan bisa membantu warga untuk menekan biaya hidup terutama untuk hunian, transportasi, pendidikan, kesehatan, dan bahan pangan. Rusun itu akan terintegrasi dengan moda transportasi dan pasar.

"Ini kan terintegrasi antara hunian, aktivitas ekonomi, dan transportasi di tengah kota," kata Djarot.

Rusun Pasar Rumput akan dibangun setinggi 25 lantai dan dilengkapi lift. Setiap unit rusun memiliki luas 36 meter persegi. Setiap rusun memiliki dua kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Di lantai bawah rusun akan dibangun pasar sehingga penghuni rusun bisa berbelanja kapan pun dan dekat.

"Bisa 24 jam, kadang-kadang mereka pengin belanja, yang di atas itu dia bisa ke bawah. Enggak perlu kulkas di sini, ngapain pake kulkas kalau semua pengin yang segar-segar beli, pengin apa beli, efisien," kata Djarot.

PenulisNursita Sari
EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM