Sudirman Said Pimpin Tim Sinkronisasi Anies-Sandi - Kompas.com

Sudirman Said Pimpin Tim Sinkronisasi Anies-Sandi

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 10/05/2017, 09:30 WIB
MOH NADLIR/KOMPAS.com Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Sudirman Said Usai Menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (5/5/2017). 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, pada Selasa (9/5/2017) malam mengumumkan delapan orang anggota tim sinkronisasi yang mereka siapkan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari tim Anies-Sandi, tim sinkronisasi itu dipimpin oleh mantan Menteri ESDM, Sudirman Said.

Tim sinkronisasi merupakan satu dari tiga tim yang akan membantu Anies-Sandi sebelum resmi menjabat di DKI Jakarta, Oktober 2017 mendatang.

Adapun tujuh orang lainnya merupakan kumpulan praktisi, akademisi, dan juga ada mantan birokrat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mereka adalah Edriana Noerdin, Eko Prasojo, Fadjar Pandjaitan, Rikrik Rizkiyana, Marco Kusumawijaya, Mohammad Hanief Arie Setianto, dan Untoro Hariadi.

Baca: Anies Bentuk Tim Pengarah, Pakar, dan Sinkronisasi, Apa Bedanya?

Edriana merupakan seseorang yang berpengalaman dalam hal gender specialist di sejumlah organisasi internasional. Dia juga kerap membantu merumuskan program pengentasan kemiskinan yang berpihak pada perempuan.

Kemudian, Eko yang adalah Guru Besar dan Dekan Fakultas Administrasi Universitas Indonesia sekaligus mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi periode 2011-2013.

Eko juga tercatat berkutat di sejumlah organisasi yang berkaitan dengan administrasi publik dan birokrasi nasional.

Berikutnya, mantan Sekretaris Daerah DKI Jakarta 2010-2013 Fadjar Pandjaitan. Fadjar juga tercatat memiliki sejumlah pengalaman di lingkungan pemerintah daerah, dengan menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Barat (2004-2008) dan Asisten Sekda DKI Jakarta Bidang Pemerintahan (2008-2010).

Baca: Anies: Ada Orang yang Mengaku Tim Sinkronisasi Kami

Lalu, Rikrik merupakan advokat dan social entrepreneur. Dia sekaligus tergabung dalam kepengurusan DPP Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia).

Selanjutnya, Marco yang selama ini dikenal sebagai peneliti dan perencana perkotaan, disusul dengan Hanief selaku akuntan, dan Untoro sebagai staf pengajar di Universitas Janabrada Yogyakarta.

Tim sinkronisasi akan bekerja menterjemahkan semua masukan dan ide dari warga Jakarta yang dihimpun melalui Rumah Partisipasi. Rumah Partisipasi bertempat di kediaman Boy Sadikin, Jalan Borobudur Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat.

Beberapa hari sebelumnya, Anies mengajak warga Jakarta menyumbang ide dan gagasan mereka untuk diterapkan di Jakarta dengan datang ke Rumah Partisipasi.

Ide itu akan dihimpun oleh tim pengarah, kemudian digodok oleh tim pakar, lalu dikemas agar bisa menjadi program untuk masuk ke APBD DKI Jakarta tahun 2018.

Kompas TV Tim Sinkronisasi Anies-Sandi Masih Dalam Tahap Finalisasi

PenulisAndri Donnal Putera
EditorDian Maharani
Komentar