Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Pertama Djarot Tanpa Ahok di Balai Kota...

Kompas.com - 15/05/2017, 07:06 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan lalu merupakan pekan pertama Djarot Saiful Hidayat menduduki jabatan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta.

Djarot menggantikan Gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang dipenjara karena kasus penodaan agama.

Djarot menerima surat tugas dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Selasa (9/5/2017).

Keesokan harinya, Rabu (10/5/2017), menjadi hari pertama bagi Djarot menjalani pemerintahan tanpa Ahok.

Djarot mengawalinya dengan memimpin paduan suara bersama musisi Addie MS di Balai Kota DKI Jakarta. Konser kecil itu dimulai sejak pagi sekali.

Masyarakat yang bergabung dalam paduan suara tersebut mengenakan pakaian merah dan putih.

Dengan dipandu Addie MS, mereka semua menyanyikan lagu-lagu nasional. Djarot sempat menangis terharu ketika melihat itu.

"Bukan, saya bukan sedih ya, tetapi terharu, ini kan sebetulnya tadi itu hari pertama saya masuk sebagai Plt ya, kemudian disambut dengan semangat nasionalisme," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu.

(Baca juga: Djarot: Aksi Simpatik Pendukung Ahok Jadi "Warning" Bagi Kita Semua)

Djarot merasa warga menyambut dengan mengirimkan pesan untuk memperkuat nasionalisme, kembali ke jiwa Pancasila, dan bangga menjadi warga Indonesia, kepadanya dan masyarakat Indonesia.

Dia pun meresapi pesan-pesan tersebut. "Pesan-pesan seperti itu yang membuat saya sangat terharu ya, terharu betul," kata dia.

Setelah itu, Djarot mengumpulkan para pejabat DKI pada siang harinya. Djarot menyampaikan kepada mereka untuk tetap semangat menjalani pemerintahan meski dalam situasi yang kurang baik.

Djarot meminta mereka tetap berkomitmen melayani masyarakat. Selain itu, Djarot membahas sejumlah program strategis yang disiapkan Pemprov DKI, seperti pembangunan koridor 13 Transjakarta hingga proyek reklamasi.

Ubah pola pengaduan

Pada Jumat (12/5/2017), Djarot kembali beraktivitas di Balai Kota. Djarot mulai melayani aduan warga seperti yang biasa dilakukan Ahok.

Namun, dia mengubah pola pengaduan itu. Biasanya, Ahok akan melayani warga yang sudah berbaris untuk mengadu. Ahok melayani satu per satu yang ada dalam antrean itu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com