Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Firza Husein Akan Dicocokkan Oleh Ahli

Kompas.com - 15/05/2017, 13:06 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan mengundang ahli pengenal wajah (face recognition) untuk mencocokkan foto-foto Firza Husein.

"Ahli face recognition ini untuk mengenali wajah Firza Husein yang ada di internet dengan pembandingnya dari data base, misalnya e-KTP. Nanti itu dicari kecocokannya," kata Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ferdi Iriawan kepada wartawan, Senin (15/4/2017).

Ahli yang akan dihadirkan berasal dari Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (INAFIS) Polri. Ia dijadwalkan dimintai keterangan di Mapolda Metro Jaya pukul 15.00.

"Nanti ahli ini akan menambahkan kesaksian ahli yang lainnya untuk melengkapi alat bukti," kata Ferdi.

Selain ahli face recognition, polisi hari ini juga akan memintai keterangan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ahli pidana, dan ahli telematika.

Baca: Polisi Terus Kumpulkan Bukti Kasus "Chat" WhatsApp Diduga Rizieq-Firza

Firza merupakan saksi kasus konten pornografi dalam percakapan via WhatsApp yang diduga melibatkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Kompas TV Penyidik Polda Metro Jaya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan tersangka kasus makar Firza Husein. Penangguhan Firza Husein dilakukan atas jaminan dari pihak keluarga dan kuasa hukum tersangka. Walau terbebas dari masa tahanan, Polda Metro Jaya memastikan akan tetap memantau Firza Husein selama pengembangan kasus dugaan makar. Firza Husein harus wajib lapor ke penyidik, dua kali dalam sepekan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com