Jelang Ramadan, Satpol PP Akan Dikerahkan ke Pasar-pasar Besar - Kompas.com

Jelang Ramadan, Satpol PP Akan Dikerahkan ke Pasar-pasar Besar

Nursita Sari
Kompas.com - 16/05/2017, 15:20 WIB
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Kasatpol PP DKI Jakarta Jupan Royter

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Jupan Royter mengatakan, satpol PP melakukan operasi di beberapa pasar di DKI Jakarta.

Satpol PP DKI Jakarta tidak hanya menjaga Pasar Tanah Abang yang ramai disoroti karena maraknya pedagang kaki lima ( PKL) yang berjualan hingga ke trotoar jalan, tetapi juga pasar-pasar lainnya.

"Tanah Abang, Jatinegara, Kramatjati, Pasar Senen, semua kami antisipasi. Jadi semua pasar yang memang udah terkenal di Jakarta, misalnya Mangga Dua, itu pasti, pasar-pasar yang sudah besar itu pasti," ujar Jupan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (16/5/2017).

Jupan mengatakan, operasi yang dilakukan satpol PP dalam rangka menegakkan Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Baca: Pedagang Musiman Dominasi PKL yang Okupasi Trotoar Pasar Tanah Abang

Operasi juga dilakukan karena banyaknya PKL yang biasa berjualan menjelang Ramadan. Para PKL itu mengambil momentum banyaknya pembeli yang biasa berbelanja menjelang Ramadan.

"Setiap tahun kalau menjelang bulan puasa, menjelang hari-hari besar agama, itu kan aktivitas masyarakat untuk belanja ini, belanja itu, jadi momennya sekarang sebelum bulan puasa," kata Jupan.

Khusus di Pasar Tanah Abang, pihaknya menerjunkan 300 anggota satpol PP. Jupan mengatakan, satpol PP akan terus menjaga kawasan tersebut hingga sepi pengunjung. Sementara pada malam hari, penjagaan tidak dilakukan karena tak ada pembeli.

"Saya tambahin 150 dari provinsi, total 300-an sehari," ucapnya.

Baca: Ini Rencana Sandiaga untuk Tertibkan PKL di Tanah Abang

Kompas TV Petugas satpol PP kembali merazia ratusan pedagang kaki lima yang berdagang di trotoar di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

PenulisNursita Sari
EditorDian Maharani
Komentar