Bangunan Direnovasi, Puskesmas Kemanggisan Dipindah ke Rumah Warga - Kompas.com

Bangunan Direnovasi, Puskesmas Kemanggisan Dipindah ke Rumah Warga

Sherly Puspita
Kompas.com - 17/05/2017, 12:00 WIB
KOMPAS.com/Sherly Puspita Selama proses renovasi, pelayanan kesehatan Puskesmas Kemanggisan, Jakarta Barat dipindahkan ke rumah warga, Rabu (17/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas) Kemanggisan, Jakarta Barat, untuk sementara dipindahkan ke bangunan Puskesmas sementara.

Bangunan sementara Puskesmas tersebut terletak di Jalan Anggrek Rosalia II blok H, nomor 39, RT 004 RW 05, Kemanggisan, Jakarta Barat, yang lokasinya berdekatan dengan Taman Komodo.

(Baca juga: Menilik Kondisi Memilukan Puskesmas Kemanggisan di Jakarta Barat)

Bangunan sementara tersebut sebelumnya merupakan rumah warga sekitar Kecamatan Kemanggisan yang sengaja disewa oleh pihak Puskesmas.

"Rumah ini kami kontrak dari warga sekitar sini. Kami kontrak setahun sambil menunggu bangunan Puskesmas Kemanggisan selesai direnovasi," ujar Kepala Puskesmas Kemanggisan, dr Rivai Arif saat ditemui Kompas.com, Rabu (17/5/2017).

Rivai yang juga merupakan dokter di poli gigi Puskesmas Kemanggisan ini mengatakan, pelayanan kesehatan di Puskesmas ini mulai dipindahkan pada tanggal 25 April 2017.

"Sebenarnya kami mau mulai pindah tanggal 1 April (2017), tetapi rumah ini baru bisa digunakan per tanggal 25 April," kata dia. 

Rivai menyampaikan, dirinya yang bertugas di Puskesmas Kemanggisan sejak Maret 2017 ini tak begitu memahami proses awal dilakukannya renovasi Puskesmas ini.

Ia menduga, usulan renovasi bangunan Puskesmas ini mulai diajukan pada 2010.

Menurut dia, tak ada kendala berarti yang dialami pihaknya dalam pemindahan pelayanan Puskesmas ke bangunan sementara yang memiliki empat buah kamar tersebut. 

"Hanya saja memang kemarin untuk proses pemindahan alat-alatnya kami membutuhkan waktu, tetapi 50 hingga 60 persen pasien sudah mengetahui tempat ini dan pelayanan juga sudah kembali normal," kata Rivai. 

(Baca juga: Kebon Melati Satu-satunya Kelurahan di DKI yang Tak Punya Puskesmas)

Adapun renovasi bangunan Puskesmas Kemanggisan dan 7 Puskesmas lain di Jakarta Barat akan dimulai pada Juni 2017.

Kedelapan Puskesmas itu akan dibangun menjadi empat lantai dengan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar, yakni terdapat poli umum, poli gigi, poli anak dan kesehatan ibu, serta apotek.

PenulisSherly Puspita
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X